Polisi di Malang Jadikan Santri Role Model Pencegahan COVID-19

Kepala Polresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata dalam program santri bermasker di Pesantren Pendidikan Al-Quran Darul Hidayah, Kota Malang.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Kepolisian Resor Kota Malang Kota menjalankan program santri bermasker dengan menjadikan pesantren sebagai panutan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan seperti disiplin mengenakan masker.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Salah satu tempat yang dikunjungi ialah Pesantren Pendidikan Al-Quran Darul Hidayah, Kota Malang. Di sana Polresta Malang Kota memberikan puluhan ribu masker. Untuk gerakan santri bermasker mereka menyiapkan 50 ribu masker bagi sejumlah pesantren di Kota Malang.

"Gerakan santri bermasker ini sebagai contoh bagi masyarakat untuk menggunakan masker setiap hari, utamanya dalam beraktivitas di luar rumah. Anak-anak yang ada di sini menjadi role model (panutan) masyarakat. Kita akan keliling ke pesantren lainnya untuk menggencarkan program ini. Kami sudah menyiapkan 50 ribu masker," kata Kepala Polresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baca: Ahli Sebut Rambut Rontok Salah Satu dari 5 Gejala Long COVID-19

Edukasi kepada masyarakat untuk tertib bermasker terus dilakukan, apalagi dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro saat ini. Program vaksinasi dan gerakan sadar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus berjalan seiring hingga pandemi berakhir.

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Menurut Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, setelah tertib memakai masker, tugas para santri adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Selama pandemi, program utama Pesantren Pendidikan Al-Quran Darul Hidayah selain mengaji dan belajar agama adalah menjaga kesehatan. Para santri ditekankan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan kebersihan agar tidak terpapar COVID-19.

"Pesantren sangat rawan terhadap penularan COVID-19. Alhamdulilah, selama ini, para pengurus dan santri sudah mematuhi imbauan, baik dari pemerintah, TNI/Polri dan fatwa ulama. Kami meminta santri untuk selalu menjaga kebersihan, menggunakan masker jaga jarak dan memberikan vitamin kepada mereka (santri)," kata Pengasuh Pesantren Pendidikan Al-Quran Darul Hidayah, Hisa Al Ayyubi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya