Khofifah Akui Kalah Banyak Lencana daripada Gus Ipul

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memasangkan lencana PDU kepada Wali Kota baru Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Jumat, 26 Februari 2021.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ada yang menarik pada kegiatan pelantikan 17 pasangan kepala daerah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 26 Februari 2021. Gubernur Khofifah Indar Parawansa memasangkan lencana di dara kiri Wali Kota Pasuruan yang dilantik, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Gus Ipul adalah rival Khofifah dalam tiga kali Pemilihan Gubernur Jawa Timur, yakni tahun 2008, 2013, dan 2018. Pada 2008 dan 2013, Gus Ipul memenangkan pilkada dengan menjadi Wakil Gubernur, mendampingi Soekarwo alias Pakde Karwo. Pada Pilgub 2018, Gus Ipul maju sebagai calon gubernur namun kalah suara dari Khofifah.

Gus Ipul kembali maju di Pilkada 2020. Kali ini ia berkontestasi di Kota Pasuruan dan berhasil memenangkan suara. Ia terpilih jadi wali kota dan ikut dilantik pada Jumat siang. Saat dilantik, Gus Ipul menjadi sorotan karena pakaian dinas upacara (PDU) yang dikenakannya berbeda dari yang lain. Lencana di bagian dada kirinya lebih banyak.

Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024

Saat proses memasang lencana di bagian dada Gus Ipul, Khofifah pun menggoda mantan rivalnya itu dengan kalimat candaan. "Gus Ipul lencananya lebih banyak daripada saya. Itu artinya perjuangan Gus Ipul lebih panjang," kelakar Khofifah.

Khofifah kembali menyinggung Gus Ipul. Kepada para kepala daerah yang baru dilantik, mantan Menteri Sosial itu meminta agar tidak sungkan-sungkan belajar kepada kepala daerah yang sudah berpengalaman lama menjalankan roda pemerintahan. "Yang dilantik saat ini ada salah satu top mentor," ujarnya.

Ketum PAN Siapkan 2 Kadernya di Pilkada Jakarta, Eko Patrio Salah Satunya

Gus Ipul menimpali candaan Khofifah itu. Menurut Menteri Pembangunan Desa Tertinggal era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, candaan Khofifah semacam penghormatan dari seorang gubernur. "Lencana ini dari Presiden," ujarnya.

Ilustrasi di kantor polisi.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kepolisian menurunkan tim untuk menjaga rumah Via Vallen saat penggerudukan berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024