Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Halmahera Jumat Jelang Malam

Peta pusat gempa darat Halmahera.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi mengguncang Halmahera pada hari Jumat, 26 Februari 2021 pada pukul 18.02.32 WIB dengan magnitudo 5,2 Skala Richter. Dilansir laman web BMKG, episenter terletak di darat pada jarak 12 km arah timur laut Kota Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara dengan kedalaman hiposenter 10 km.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal dengan mekanisme pergerakan turun (normal fault). Sesar pembangkit gempa ini belum ada namanya," dituliskan dalam caption akun Instagram Koordinator bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Dampak gempa berupa guncangan dilaporkan warga sangat kuat mencapai skala intensitas V-VI MMI di pulau Bacan dan menimbulkan terjadinya kerusakan beberapa bangunan rumah dan melukai seorang warga.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Hasil monitoring BMKG hingga malam ini pukul 20.00 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Sementara wilayah pulau Bacan memang rawan gempa dan di wilayah ini beberapa kali pernah terjadi gempa kuat dan merusak pada masa lalu.

Daryono menambahkan, sejarah gempa Pulau Bacan dan sekitarnya mencatat bahwa di wilayah ini telah terjadi gempa merusak pada 27 November 1961 magnitudo 6,2 pada 16 April 1963 magnitudo 7,1 pada 2 Agustus 1992 magnitudo 6,3 dan pada 16 Juli 2019 magnitudo 7,2 menyebabkan 4 orang meninggal dunia, 50 menderita luka-luka, sebanyak 971 bangunan rumah rusak.
 

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg
Via Vallen.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Meski tengah dilanda berita ini, Via Vallen tampaknya tak terlalu mempermasalahkan dan terlihat santai mengunggah story di sosial media Instagram.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024