Pantau Vaksinasi di Pasar, Walkot Gibran Ingin Pedagang di Solo Kompak

Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka tinjau vaksinasi pedangang pasar.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang diikuti ratusan pedagang Pasar Gede Solo, Sabtu, 27 Februari 2021. Rencananya vaksinasi kepada para pedagang itu akan dilakukan di semua pasar tradisional di daerah itu.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pantauan VIVA, Gibran tampak mendatangi lokasi vaksinasi yang ada di depan Pasar Gede. Sejumlah pedagang terlihat duduk mengantre untuk mendapatkan jatah vaksinasi COVID-19 dari petugas medis dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, putra sulung Presiden Jokowi itu juga menilik ke lokasi vaksinasi lainnya di Pasar Gede, yakni di Kantor Lurah Pasar Gede yang terletak di lantai 2. Gibran pun semringah melihat antusiasme para pedagang mengikuti vaksinasi tersebut.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Baca juga: Periode Kedua, Hendrar Janji Habis-habisan Tangani Banjir Semarang

"Yang terpenting itu pedagangnya antusias semua dan pedagangnya kompak semua untuk divaksin. Itu yang paling penting," kata dia di Pasar Gede Solo, Sabtu, 27 Februari 2021.

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Menurut Wali Kota Solo yang baru dilantik itu, kegiatan vaksinasi bagi pedagang Pasar Gede diharapkan selesai dalam waktu dua hari. 

"Sabtu dan Minggu ini, kita selesaikan Pasar Gede," harapnya.

Selain Pasar Gede, kegiatan vaksinasi pedagang pasar pada tahap pertama ini juga dilakukan di Pasar Klewer. Hanya saja untuk pasar yang menjadi sentra penjualan kain batik dan tekstil di Solo itu, bakal memakan waktu yang lebih lama dibandingkan Pasar Gede.

"Kalau Pasar Klewer mungkin vaksinasinya nanti mulai hari ini sampai Jumat karena pedagangnya lebih banyak," katanya.

Lantas, ia pun menyebutkan pada tahap pertama ini jumlah pedagang Pasar Gede yang mengikuti vaksin sebanyak 680 pedagang. Sementara itu jumlah pedagang di Pasar Klewer yang akan mengikuti vaksinasi mencapai 3.800 pedagang.

"Setelah divaksin, kita ingin nya pedagang sehat semua dan pasar nya tambah ramai. Dan yang paling penting setelah divaksin protokol kesehatan tetap dipakai," harapnya.

Nantinya kegiatan vaksinasi itu juga akan menyasar semua pedagang pasar tradisional yang ada di Solo. Rencananya setelah Pasar Gede dan Pasar Klewer, vaksinasi akan dilanjutkan di pasar tradisional lainnya.

"Abis ini lanjut Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya