Sumbat Sampah Sebabkan Banjir, Jembatan di Surabaya Dibongkar

Jembatan di Kenjeran Surabaya jadi penyumbat sampah dibongkar
Sumber :
  • FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

VIVA – Jembatan penyumbat sampah di Kenjeran, Kota Surabaya, Jatim, dobongkar karena selama ini menjadi penyebab banjir di sejumlah kawasan saat musim hujan.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya Febriadhitya Prajatara di Surabaya, Senin, mengatakan keputusan tersebut setelah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pematusan Umum Bina Marga Surabaya Erna Purnawati mengecek pompa sekaligus meninjau lokasi jembatan pada Minggu (28/2).

"Saat meninjau lokasi ternyata pompa air di Kenjeran belum mendapatkan air karena banyak tiang-tiang dan baliho yang dibuang di sekitar pompa tersebut sehingga nyangkut di Jembatan. Setelah diangkat tiang-tiang itu akhirnya ditemukan banyak sampah yang menyumbat," katanya.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Akibat dari penyumbatan itu, lanjut dia, maka ada perbedaan levelitas mulai dari sisi barat yakni dari hulu ke hilir dimana akhirnya tidak dapat menerima aliran air dengan baik.

"Itu menyebabkan tidak dapat air dan terjadi perbedaan level," ujarnya.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Tidak hanya itu, Febri memastikan untuk jembatan tersebut dibongkar oleh Dinas Pekerjaan Umum Surabaya lantaran secara umur jembatan tersebut sudah tidak memungkinkan untuk beroprasi.

Apalagi, lanjut dia, berdasarkan laporan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya untuk manajemen lalu lintas di jembatan itu sudah tidak lagi digunakan.

"Jadi jembatan itu bongkar hari ini karena secara umur jembatan sudah lewat dan sudah tidak digunakan oleh lalu lintas," katanya. (Antara/Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya