ARB: Pak Airlangga Netral ke Semua Kandidat Ketum Kosgoro 1957

ARB saat menerima kunjungan Azis Syamsudin di kantornya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ormas Kosgoro 1957 akan menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) IV pada tanggal 6 - 9 Maret 2021, seiring dengan semakin dekatnya agenda tersebut, makin jelas sikap Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) menyebutkan bahwa Airlangga bersikap netral soal pencalonan baik Azis Syamsuddin maupun Dave Laksono sebagai kandidat ketua umum. 

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Dengan pernyataan dari ARB tersebut, maka langsung mementahkan rumor yang berkembang selama ini bahwa Airlangga mendukung salah satu calon. "Saya telpon Pak Airlangga kemarin malam (Sabtu, 27 Februari 2021). Sikapnya bagus dan bijak, netral saja. Tidak berpihak," kata ARB saat menerima kunjungan Azis Syamsudin di kantornya, Minggu malam 28 Februari 2021

ARB juga mengatakan, bersama Airlangga juga sempat didiskusikan soal penyatuan kedua belah pihak untuk kemungkinan dilakukan kompromi. Namun, jika langkah ke arah tersebut sulit diwujudkan dan belakangan malah berkembang wacana Mubes masing-masing, menjadi pilihan yang sulit untuk dielakkan. 

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

"Kami bicarakan juga soal informasi akan adanya Mubes masing - masing. Kalau memang tidak ada jalan lain, apa boleh buat. Meski ini sangat disayangkan," ujar ARB. 

Lebih lanjut soal bagaimana produk Mubes versi Cirebon dan versi Jakarta, ARB dan Airlangga sampai pada satu pandangan bahwa hal itu akan diserahkan legalitasnya ke pemerintah. Sejauh ini, ARB menilai sosok Azis sebagai sosok yang mumpuni dalam memimpin organisasi dan tugas pemerintahan. 

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

"Kita sepakat serahkan ke pemerintah melalui jalur hukum yang ada. Keputusan hukumnya seperti apa, itu yang akan diikuti," ujar ARB 

Sementara itu Azis Syamsudin mengatakan bahwa Mubes Kosgoro 1957 di Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal yang sama dengan Mubes Cirebon, 6 - 9 Maret 2021. Hal itu digelar menyikapi aspirasi PDK Provinsi dan PDK Kabupaten/Kota yang berharap Mubes berlangsung sesuai dengan AD/ART di mana yang mempunyai hak suara dihadirkan secara langsung baik PDK Provinsi maupun PDK Kabupaten/Kota serta unsur peserta yang lain.

"Tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Tetap itu," kata Azis yang juga Wakil Ketua DPR RI ini. 

Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Jawa Timur, Yusuf Husni mengatakan bahwa majunya Azis Syamsudin merupakan permintaan dari keluarga besar Kosgoro 1957 baik provinsi maupun kabupaten/kota. Kapasitas dan ketokohan Azis diyakini mampu membawa organisasi lebih maju lagi. 

Apalagi selama ini, sebagai wakil ketua umum DPP Partai Golkar, Azis menjalankan tugas kepartaian dengan sangat baik. Begitu pula peran sebagai wakil ketua DPR. "Kami lama membujuk Pak Azis agar mau kami calonkan. Makanya kami bersyukur akhirnya beliau mau. Kosgoro 1957 perlu sosok seperti Pak Azis agar maju dan besar," ujar Yusuf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya