KPK Yakin Harun Masiku Belum Kabur ke Luar Negeri, Ini Alasannya

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata memastikan jajarannya masih terus melakukan pencarian terhadap buron kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) Harun Masiku.

Polisi Ancam 2 Perempuan Tersangka Perdagangan Orang Mahasiswa ke Jerman Bakal Masuk DPO

Diketahui sudah setahun lebih Harun Masiku buron. Namun politikus PDIP itu belum juga berhasil diciduk polisi dan KPK.

Alex sapaan akrab Alexander mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk satgas khusus untuk pencarian Harun yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Dia menyebut sudah membentuk dua satgas terkait kasus ini.

Pasutri Dicokok Buntut jadi Penerima Ekstasi MDMA Modus Susu Protein, 1 WNA Cina Buron

“Kami sudah membentuk satgas khusus untuk pencarian DPO. Kami udah bentuk dua satgas karena bukan hanya Harun Masiku yang kami cari tapi ada yang lainnya," kata Alex kepada awak media pada Selasa, 2 Maret 2021.

Alex menambahkan bahwa pihaknya masih terus berusaha mencari Harun. Bahkan kata Alex, KPK sudah melibatkan Kepolisian dalam memburunya.

Aiptu FN Buron setelah Tembak dan Tusuk Debt Collector di Palembang

Dia pun mempersilakan masyarakat untuk melapor bilamana mengetahui keberadaan Harun Masiku.

"Kalau ada masyarakat yang tahu kami sudah buka kontak pelaporan di KPK. Silakan saja yang mengetahui, silakan melapor. Kami tidak akan berhenti pihak yang mangkir baik itu saksi atau tersangka," ujarnya.

Lebih lanjut Alex meyakini bahwa Harun Masiku masih berada di dalam negeri. Pasalnya terang Alex, Harun sudah dicegah untuk bepergian ke luar negeri.

"Kami meyakini yang bersangkutan masih di dalam negeri. Kalau sistemnya berjalan dengan baik. Pintu-pintu keluar yang resmi itu kan sudah ditutup. Kecuali dia kemudian keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi seperti perahu kan. Kalau lewat pintu resmi yang dijaga imigrasi, tidak akan lolos," imbuh dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya