Dilantik Jadi Ketua MPKT Nasional, Gibran: Tidak Boleh Pesimis

Mensos Tri Rismaharini lantik kepengurusan Karang Taruna Nasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Sosial, Tri Rismaharini melantik kepengurusan Karang Taruna Nasional periode 2020-2025 di Gedung Aneka Bhakti, Kemensos, Selasa pagi, 2 Maret 2021. Salah satu momen dalam pelantikan yaitu mengukuhkan Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT).

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna, Didik Mukrianto menyampaikan terimakasihnya kepada Risma yang sudah menyediakan waktu untuk melantik. Ia menekankan ada harapan penting untuk karang taruna di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Dia menyebut, karang taruna tak mengenal istilah oposisi. Sebab, mengurai persoalan masalah sosial mesti menguatkan solidaritas kebersamaan. Hal ini termasuk mendukung program pemerintah seperti Kemensos.

Gibran: Terima Kasih Pak Ganjar dan Pak Anies

"Ini kesempatan berharga untuk kita semua untuk terus hadir sebagai patriot sosial dengan karya bakti dan pengabdian yang syarat dengan keikhlasan untuk menyerap segala aspirasi masyarakat dari seluruh desa-desa seluruh Indonesia untuk menyelesaikan persoalan sosial," kata Didik di Jakarta, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurut Didik, karang taruna mesti bisa melakukan gebrakan di tengah kondisi saat ini. Ia menyinggung maraknya narkoba, hoax karena ujaran kebencian. Pun, penyakit sosial lainnya yang mesti jadi perhatian.

Prabowo-Gibran Bakal Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

"Karang Taruna harus aktif di dalam rangka menyelamatkan moral dan karakter masyarakat khususnya generasi muda termasuk perang melawan narkoba, hoax hate speech, fake dan penyakit sosial lainnya. Dedikasi dan positioning karang taruna tidak akan pernah berubah," jelas Anggota DPR tersebut.

Sementara, Ketua MPKT periode 2020-2025, Gibran Rakabuming Raka punya pesan khusus terhadap seluruh anggota karang taruna di Tanah Air. Wali Kota Solo itu menyampaikan karang taruna harus tetap jadi garda terdepan bersama pemerintah dalam membantu penyelesaian masalah sosial.

"Jangan pernah lelah untuk terus berjuang dan memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial untuk masyarakat dan bangsa," ujar Gibran yang dilantik secara virtual.

Photo :
  • Istimewa

Dia optimis karang taruna bisa berkontribusi membantu pemerintah di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya, karena karang taruna sebagai organisasi yang saat ini juga sudah berada di desa-desa.

Gibran pun mengajak seluruh anggota tetap optimis untuk menyikapi ujian di pandemi COVID-19.

"Kita adalah bangsa yang tangguh, tidak boleh pesimis menghadapi kenyataan ini. Kader karang taruna harus optimis, karena sikap optimis akan meningkatkan imun kita untuk menghadapi tantangan seberat apa pun," tutur Gibran.

Baca Juga: Gibran Tancap Gas, Blusukan ke Pasar Gede Tinjau Persiapan Vaksinasi

Dalam pelantikan ini diterapkan protokol kesehatan dengan melakukan rapid test antigen. Pun, setiap anggota yang dilantik wajib memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu. 

Sebelum pelantikan, Mensos Risma berpesan agar karang taruna bisa berkontribusi maksimal terutama di desa-desa. Ia berharap karang taruna jadi pelopor di daerah untuk memotong rantai pandemi. 

"Jangan ada kata menyerah dan putus asa dalam membangun bangsa, karena karang taruna akan jadi motor penggerak di daerah-daerah untuk memotong rantai pandemi," tutur Risma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya