Basarnas Manado Gelar Lomba Vertical Rescue

Kepala Basarnas Bagus Puruhito (Ilustrasi Basarnas)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA –  Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado menggelar lomba vertical rescue dalam upaya meningkatkan kompetensi potensi SAR di daerah itu. Kepala Basarnas Manado, Suhri Sinaga, di Manado, Selasa, mengatakan, sebanyak 26 tim dari sejumlah organisasi pencinta alam dan instansi pemerintah mengikuti kegiatan itu.

Cari Madu, Warga Rinca Manggarai Barat Digigit Komodo

"Lomba ini dalam rangka memperingati HUT ke-49 Basarnas," katanya. Ia mengatakan kegiatan dilaksanakan selama tiga hari 2-4 Maret 2021, dibagi beberapa tim mengingat saat ini dalam pandemi COVID-19, dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kepada peserta agar menjaga kekompakan pada saat berlomba, dan tingkatkan kemampuan serta kecepatan. "Banyak di luar sana yang ingin mengikuti perlombaan vertical rescue ini, tetapi kami batasi jumlah peserta mengingat saat ini masih dalam pandemi COVID-19," katanya.

Ia menambahkan kegiatan dalam memperebutkan Piala Basarnas, juga sebagai ajang sliaturahmi antar potensi SAR di daerah itu. "Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan setiap memperingati HUT Basarnas,"katanya. Lomba vertical rescue yang merupakan tahun ke dua pelaksanaan, digelar di tower Kantor Basarnas Manado, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. (ant)
 

Basarnas Medan saat melakukan evakuasi turis Perancis di kawasan objek wisata Bukit Sipiso-piso.(dok Basarnas Medan)

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

Tim SAR berhasil menemukan korban berada di tepi Sungai di bawah jurang. Korban mengalami luka-luka dan patah tulang. Sebelumnya korban dikabarkan diganggu OTK.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024