Gunung Sinabung Erupsi Lagi

Ilustrasi Gunung Sinabung erupsi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG), melakukan pengamatan terhadap Gunung Api SInabung, Sinabung (2460 mdpl), Karo, Sumatera Utara selama 06:00-12:00 WIB, Kamis, 4 Maret 2021.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Kepala PVMBG, Andini mengatakan, bahwa cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat daya dan barat. Suhu udara 17-24 °C.

"Gunung jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah tidak teramati, teramati letusan dengan tinggi 700 meter dan warna asap putih dan kelabu," kata Andini.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Saat ini, kata dia, bahwa Gunung Sinabung Level III (Siaga). Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," katanya.

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024