Ganjar: PPKM Mikro Cocok Atasi Kasus Kontak Erat B117 di Brebes

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rapat soal PPKM dengan Menko Airlangga.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Jawa Tengah diperpanjang hingga 22 Maret 2021. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, hal itu dikarenakan PPKM mikro menunjukkan hasil yang bagus untuk menekan persebaran COVID-19.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

"Terus saja. Ini kan sudah makin bagus hasilnya, tinggal diperketat," kata Ganjar usai mengikuti rakor perkembangan PPKM mikro bersama Menko Perekonomian via video conference di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis 4 Maret 2021.

Terkait kasus kontak erat delapan warga Brebes dengan TKI penyintas COVID-19 varian B117 atau varian Inggris, menurut Ganjar konteks PPKM sangat tepat untuk menangani kasus di Brebes.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

"Dalam konteks PPKM mikro, pas untuk yang di Brebes yang ada TKI baru pulang dari Arab, konsep PPKM mikro menjadi pas banget. Saya minta coba terapkan. Kejadiannya kan menjadi, dalam tanda petik, ini hal baru atau mungkin menjadi sangat luar biasa karena ada diskursus orang berdebat soal ini," katanya menjelaskan.

Ganjar menambahkan, PPKM mikro menjadi kesempatan untuk menangani secara dini dan mengunci terkait kejadian di Brebes. Setelah dikunci, lanjutnya, dilakukan tracing dan testing.

Bertemu Megawati, Ganjar Tegaskan Putusan PHPU Momentum Kembalikan Marwah MK

"Tadi sudah dilakukan testing dan tadi saya minta lini kedua ditambah. Apakah kemudian kontak erat, dekat, sampai sosialnya itu bisa dideteksi penuh. Berikan isolasi yang nyaman sehingga orang nanti tidak panik tetapi dikelola. Nah ini mikronya ini penting," lanjut Ganjar.

Selain itu, tambahnya, PPKM mikro yang sudah berjalan di semua daerah di Jawa Tengah ini juga harus ditingkatkan. Menurutnya, PPKM mikro relatif bagus dalam menangani COVID-19 dari tingkat terkecil, dengan diikuti disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dan jangan lengah.

Kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya