Imbas Karhutla di Riau, Seekor Ular Piton Mati

Seekor ular piton mati akibat kebakaran lahan di Riau
Sumber :
  • VIVA/Bambang Irawan

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selalu menyisakan cerita tentang keberlangsungan kehidupan satwa pada alamnya.

Kapolda Riau dan Anak Buah Beri Rasa Aman dan Nyaman Pemudik saat Arus Balik, Begini Caranya

Seperti kebakaran lahan yang terjadi di kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, sejak dua hari terakhir.

Meski api telah berhasil dipadamkan, namun dampaknya masih nyata bagi kehidupan satwa di dalamnya.

Kinerja Irjen Iqbal dan Anak Buah Buat Aman Riau Dapat Apresiasi MUI

Seekor ular piton dengan panjang hampir tiga meter ditemukan dalam keadaan mati. Bangkai satwa predator tersebut ditemukan pada zona hijau atau beberapa meter dari titik api kebakaran lahan.

Diperkirakan, ular tersebut mengalami situasi yang sulit saat kebakaran terjadi. Sang predator berusaha menerobos lahan yang terbakar untuk menyelamatkan diri. Berhasil menjauhi titik api namun tubuhnya tak mampu menahan ganasnya bara api.

Polisi Musnahkan 19 Ribu Lebih Mangga Dari Malaysia, Ini Alasannya

"Sepertinya ular ini berusaha kabur dan keluar dari situasi yang sulit. Bangkainya ditemukan di luar lahan yang terbakar," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Kabupaten Siak, Irwan Priyatna menjawab VIVA.co.id, Jumat 5 Maret 2021.

Irwan menjelaskan, kebakaran telah merusak sekitar dua hektar lahan. Tim terpadu telah melakukan pemadaman sehingga api tidak lagi meluas.

"Kami mengimbau masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membakar lahan. Karena dampaknya bukan hanya kepada manusia melainkan, hewan dan tumbuhan yang seharusnya terjaga dengan baik," kata Irwan.

Baca juga: Ngeri, Pria di Bogor Nikahi Pasangannya Pakai Mahar Ular Piton

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya