Batik Air Mendarat Darurat, Sejumlah Penerbangan ke Jakarta Batal

Penumpang Batik Air yang batal terbang ke Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)

VIVA – Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6803 registrasi PK-LUT dari Jambi menuju ke Jakarta putar balik ke bandara asal. Kejadian ini mengakibatkan sejumlah penerbangan tujuan Jakarta batal karena pesawat masih berada di tengah landasan pacu bandara.

Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, Indra Gunawan saat dikonfirmasi membenarkan ada tiga maskapai yang membatalkan penerbangan. Di antaranya adalah maskapai Lion, Citilink dan Batik Air yang sebelumnya mau berangkat ke Jakarta.

Pesawat Batik Air yang mendarat darurat itu disebut masih di tengah landasan pacu bandara. Kini masih dievaluasi apa permasalahan pada pesawat tersebut. 

Perpanjangan Diskon Tarif LRT Jabodebek hingga April 2024 Tergantung Hal Ini

"Ya tiga pesawat tujuan Jakarta di-cancel akibat pendaratan mendadak pesawat Batik Air yang sampai saat ini masih di tengah landasan pacu bandara," ujarnya, Sabtu, 6 Maret 2021.

Indra menyebutkan, untuk sementara belum bisa memaparkan lebih dalam apa permasalahan. Karena, ada tim investigasi dari KNKT yang akan datang mengecek pesawat. 

Haru, Anggi Pratama Kenang Penerbangan Terakhirnya dengan Stevie Agnecya

"Secara detail kami tidak bisa menyampaikan apa penyebabnya," jelasnya.

Terpisah, Mardanus, Kepala Station Manager Lion Group mengatakan, sejumlah penerbangan yang saat ini di-cancel lantaran butuh proses. Meski begitu, evakuasi penumpang telah dilaksanakan.

"Jika penumpang masih ingin terbang ke jakarta penerbangan akan dipindahkan ke pesawat Batik Air round Jambi dan jika tidak ingin melanjutkan penerbangan penumpang dapat melakukan refund pada tiketnya tanpa biaya, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan kondusif," terangnya.

Dikatakan Mardanus, dalam evakuasi penumpang ada sebanyak 117 orang di antaranya Penumpang Bisnis 5, Penumpang Ekonomi 109, Penumpang Anak-anak 2 dan Penumpang Bayi 1 dan semua selamat. 

"Tidak ada kejadian atau korban jiwa dan kita sudah evakuasi para penumpang dan saat ini Pesawat masih di landasan pacu serta kita sudah berkoordinasi dengan maskapai serta kita akan berkoordinasi bantuan dari Batam untuk ke Jambi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya