Polisi Periksa Saksi terkait Video Wali Kota Blitar Langgar Prokes

Tangkapan layar Wali Kota Blitar Santoso saat bernyanyi dalam sebuah acara tanpa mengenakan masker.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kepolisian Blitar Kota, Jawa Timur, telah memeriksa lima orang sebagai saksi terkait dengan video viral yang di dalamnya terlihat Wali Kota Blitar Santoso sedang bernyanyi bersama tanpa mengenakan masker sebagai salah satu syarat dalam penerapan protokol kesehatan.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

"Berkaitan dengan adanya video dan berita viral pelanggaran protokol kesehatan, kami telah melakukan pemeriksaan lima orang yang terdiri atas panitia, relawan dan seorang petugas Satgas COVID-19," kata Kepala Polres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan di Blitar, Senin, 8 Maret 2021.

Pihaknya juga sudah mengidentifikasi lokasi kegiatan itu. Seluruh yang terlibat di lokasi juga akan dites swab guna memastikan apakah ada yang terpapar COVID-19 atau tidak.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Hari ini swab terhadap peserta yang hadir. Jadi, nanti satgas (Satgas COVID-19 Kota Blitar) kemudian tim operasi yustisi akan melakukan pemantauan dan pengawasan kegiatan itu. Pelaksanaan di puskesmas," ujar dia.

Namun, mengenai dengan hasil pemeriksaan, ia mengatakan masih terus dievaluasi. Nantinya seluruh yang hadir termasuk penyanyi juga akan dimintai keterangan.

PKS Siapkan 3 Kader untuk Bertarung di Pilkada Kota Yogyakarta

Sebelumnya beredar video pesta yang di dalamnya ada Wali Kota Blitar Santoso. Selain itu, ada juga sejumlah penyanyi dan mereka sedang bernyanyi bersama serta berjoged. Video viral tersebut berdurasi 4 menit 28 detik dan beredar di media sosial seperti Facebook serta Whatsapp.

Wali Kota Blitar yang baru dilantik pun di video juga tidak mengenakan masker, padahal sekarang masih pandemi COVID-19. Selain itu, para peserta lainnya juga mayoritas tidak mengenakan makser, termasuk sejumlah penyanyi yang hadir dalam acara itu.

Di Kota Blitar, kasus COVID-19 hingga Minggu mencapai 2.153 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah itu yang isolasi di rumah sakit ada 24 orang, isolasi di rumah ada enam orang, yang meninggal dunia ada 97 orang, lainnya sembuh dan ada beberapa yang pasien rujukan dari rumah sakit lainnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya