Dukungan Mengalir, Gus Jazil Punya Visi Misi Ini untuk Benahi NU DKI

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dukungan terhadap Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid untuk menjadi calon Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta terus mengalir. Kali ini, dukungan disampaikan oleh Rais Syuriyah PCNU Jakarta Pusat, Kamaluddin atau Kiai Kamal.

Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua

Kial Kamal mendoakan Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid bisa memimpin PWNU DKI dan bisa melakukan pembenahan. Dia yakin, dengan rekam jejaknya, politikus PKB itu akan mulus.

"Insha Allah, Allah akan memberikan jalan yang terbaik menyangkut pencalonan Gus Jazil untuk berkompetisi di PWNU DKI. Saya yakin akan mulus," kata Kiai Kamal di kantor PCNU Jakarta Pusat seperti disampaikan dalam keterangan resminya, Senin, 8 Maret 2021.

Banyak Pemudik Warga Nahdliyin, GP Ansor Buka 250 Posko Mudik

Menurut dia, Gus Jazil memiliki kelayakan sebagai ketua PWNU DKI. Ia menyampaikan demikian lantaran Jazilul memiliki latar belakang sebagai santri dan punya kualitas kepemimpinan.

Dia berharap agar NU ke depan terutama NU DKI bisa mendunia seperti di Asia. "Saya yakin itu karena sumber daya manusianya melimpah," ujarnya.

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

Sementara, Gus Jazil mengaku lega dapat dukungan dari Kiai Kamal dan PCNU Jakarta Pusat. Ia menanggapi harapan Kia Kamal agar NU DKI bisa mendunia.

"NU di DKI ini memang sudah waktunya bukan hanya besar DKI, tapi harus memiliki resonansi kepada dunia, artinya NU untuk dunia. Ini bagus dan ini menjadi tantangan kepada pengurus NU di Ibu Kota," jelas Jazil.

Ia optimistis visi tersebut bisa terealisasi bila semua potensi bisa dimaksimalkan. Maka itu, perlu pembenahan seperti menyiapkan sistem informasi yang kuat karena mesti menyesuaikan dengan tren.

"Menyiapkan sistem informasi yang kuat agar semua kiprah NU bisa dibaca, dipantau, dan semua orang yang juga mau memberikan kontribusinya kepada NU, bisa dibukakan pintu selebar-lebarnya, itu penting," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, NU DKI juga harus melakukan penataan kelembagaan demi mewujudkan langkah tersebut. Dia bilang semua ranting harus digerakkan dan aktif dalam berbagai kegiatan. "Penataan kelembagaan itu menjadi pintu dalam menjalankan organisasi PWNU DKI ke depan," sebutnya.

Pun, Ketua PCNU Jakarta Pusat Gus Syaifuddin mengapresiasi Gus Jazil yang sudah bersedia turun ke bawah hingga ke ranting. Ia menyebut figur Jazilul memang harus mengetahui pakar persoalan dari bawah.

"Karena seorang calon ketua itu memang harus mapping masalah dari bawah untuk disusun menjadi sebuah visi besar menuju NU yang mendunia sehingga mereka harus mendengar banyak dari bawah," tutur Gus Syaifuddin.

Sebelumnya, Gus Jazil juga sowan menemui sesepuh NU DKI lainnya, KH Muhyiddin Ishaq di Jalan Madrasah, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Maret 2021. Gus Jazil akan maju sebagai calon ketua NU DKI dalam Konferensi Wilayah PWNU DKI Jakarta pada 2 April 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya