Ditemukan Puluhan Ribu Tahu Berformalin Kadar Tinggi di Palembang

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang menyita 20 ribu tahu di kawasan Pasar 7 Ulu, Senin, 8 Maret 2021, karena menemukan tahu-tahu itu mengandung formalin.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang menyita 20 ribu tahu di kawasan Pasar 7 Ulu, Senin, 8 Maret 2021, karena menemukan tahu-tahu itu mengandung formalin.

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Menurut Kepala BPOM Palembang, Yosef, penyitaan bermula dari informasi bahwa ada penjualan tahu berformalin yang akan masuk di kawasan Pasar 7 Ulu, Palembang. BPOM bersama tim Direktorat Reskrimum Polda Sumatera Selatan mendatangi lokasi yang dicurigai ada tahu berformalin.

"Tahu yang berhasil kita amankan sudah diperiksa, setidaknya 20 ribu butir tahu yang diangkut tersebut mengandung formalin kadar tinggi. Jika ini dikonsumsi akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat," katanya.

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi

Aparat sudah memeriksa beberapa saksi atas temuan penjualan tahu yang mengandung formalin itu. Jika nantinya terbukti bersalah, tidak menutup kemungkinan polisi menetapkannya sebagai tersangka.

"Dari hasil pemeriksaan kita, para pelaku sudah berprofesi kurang lebih sepuluh tahun menjual tahu berformalin tersebut, kemudian di antara mereka sudah pernah kita lakukan penangkapan dan penahanan namun ternyata tetap mengulangi hal yang sama," ujarnya.

Keji! Siswi 15 Tahun di Lampung Disetubuhi Kakek dan Ayah Kandung Hingga Kondisinya Mengenaskan

Yosef mengatakan, masih ada yang menjual tahu yang mengandung formalin di kota Palembang, namun dia masih merahasiakan di mana tepatnya kawasan itu.

BPOM mengimbau masyarakat Kota Palembang agar lebih berhati-hati saat membeli tahu. "Ciri-ciri tahu berformalin yakni bisa tahan lebih dari satu hari jika tidak dimasukkan di dalam kulkas, lalu teksturnya tidak berubah," ujarnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah menyidik dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menyeret ahli nuklir dari UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024