MWA UI Gelar Webinar Kemandirian Kesehatan Indonesia

Saleh Husin
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) akan menggelar webinar series kedua. Kali ini soal kesehatan yang berkolaborasi dengan Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) pada tanggal 25 Maret 2021.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

Melalui tema "Ketahanan Dan Kemandirian Kesehatan Indonesia", MWA akan menfokuskan diskusi mengenai beberapa isu penting, di antaranya Disrupsi Teknologi Kesehatan terkait Big Data & Artifical Intelegence, COVID-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia, serta Adaptasi dan Adopsi Teknologi, dan terakhir yakni Medical Tourism.

"Tujuan dari webinar kali ini yaitu diharapkan para pembicara dapat membahas berbagai permasalahan kesehatan bangsa Indonesia termasuk kondisi pandemi yang sedang kita alami dan juga diharapkan menghasilkan berbagai pemahaman dan usulan rekomendari kebijakan (policy breef) untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia, yang nantinya akan dirangkum oleh Prof Budi Wiweko bersama teman teman dari FK UI guna menjadi satu sumbangan pemikiran untuk pemerintah,” kata Ketua MWA UI Saleh Husin kepada VIVA, Rabu, 10 Maret 2021.

Peringkat UI Terbaik di Indonesia Berdasarkan Pemeringkatan Scimago

Saleh mengungkapkan,  Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menjadi pembicara kunci di mana sebelumnya Saleh Husin selaku Ketua MWA UI memberikan welcome speech dan Rektor UI memberikan opening speech.

Diskusi panelnya sendiri dibagi dalam dua sesi, pembicara pada sesi pertama dengan subtema COVID-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawangsa, Juru bicara satgas covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam dan Sekretaris UI dr Agustin Kusumayati PhD yang merupakan pakar kesehatan masyarakat dan dipandu oleh moderator Metro Tv Leonard Samosir.

13 Orang Satgas PPKS UI Kompak Mengundurkan Diri

Adapun panel sesi ke dua dengan subtema Riset dan Inovasi Dalam Membangun Ketahanan dan Kemandirian Bangsa, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Prof Bambang Brojonegoro yang sekaligus menjadi koordinator acara webinar ini, bersama Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono PhD, Dekan Fakultas Teknik UI Dr Hendri DS Budiono, Kepala Laboratorium UI Prof Amarila Malik, Presiden Direktur Dexa Medica Ir Ferry A Soetikno dan Wakil Direktur IMERI FK UI Prof Budi Wiweko menjadi pembicaranya dengan moderator dari Kompas Tv yaitu Sofie Syarief.

"Untuk itu saya berharap rekan-rekan dari pemerintah daerah terutama dinas kesehatan dan dinas terkait lainnya serta adik-adik mahasiswa terutama dari rumpun ilmu kesehatan dan teknik, termasuk siapapun warga masyarakat dapat bebas menjadi peserta webinar guna dapat memperdalam pemahamannya tentang kesehatan dari para nara sumber yang sangat kapabel dan pakar dalam bidangnya masing-masing," kata Saleh Husin yang juga menjabat Managing Director Sinarmas.

Saleh menambahkan, Pendaftaran terbuka untuk umum dan registrasi dapat dilakukan melalui tautan http://ui.id/mwawebinarseri2. Acara tersebut, tekan dia, tidak dipungut biaya, dan peserta akan mendapat e-sertifikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya