90 Ribu Lansia di Malang Akan Disuntik Vaksin, Ada Layanan Drive Thru

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Pemerintah Kota Malang mendapat kuota sekitar 90 ribu vaksin pada tahap dua untuk warga lanjut usia (lansia). Sedangkan jumlah lansia di wilayah tersebut sekitar 100 ribu lebih. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Menurut Wali Kota Malang Sutiaji, kekurangan vaksin tersebut akan diminta oleh Pemkot Malang agar seluruh lansia di Kota Malang masuk vaksinasi tahap dua.

"Kita dapat kuota hampir 90 ribu untuk lansia dari jumlah lansia hampir 100 ribu lebih. Nah kekurangannya akan kita minta tambah agar semua (lansia) masuk program vaksinasi," kata Sutiaji, Rabu, 10 Maret 2021.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Untuk vaksinasi lansia di Kota Malang akan dilakukan dengan sistem drive thru. Pemkot Malang melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan kerja sama dengan Halodoc. Untuk menyiapkan layanan vaksinasi secara drive thru bagi warga yang masuk dalam kategori lansia sehingga mempermudah proses distribusi vaksin COVID-19.

"Insya Allah kita menjajaki drive thru. Saya sudah minta Dinas Kesehatan, kerja sama dengan Halodoc," ujar Sutiaji. 

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, vaksinasi untuk lansia akan dilakukan pada 1 April 2021 bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Malang. Pada momen itu dipilih launching vaksinasi lansia dengan sistem drive thru.

"Masih tahap kedua (vaksinasi) pada petugas pelayan publik. Direncanakan pada 31 Maret sudah selesai. Menyusul tahap kedua untuk lansia insya Allah nanti 1 April. Sesuai arahan wali kota untuk lansia. Sehingga 1 April HUT Kota Malang disertakan launching vaksinasi lansia secara drive thru," tutur Husnul. 

Husnul mengatakan, lansia dipilih karena memang masuk program vaksinasi tahap kedua sesuai instruksi Kementerian Kesehatan. Lokasi vaksin drive thru Kota Malang akan ditempatkan di Jalan Sultan Agung, yang berjarak kurang lebih 100 meter dari Balai Kota Malang.

"Lansia dipilih karena memang masuk di tahap dua sesuai dengan instruksi Kemenkes. Khusus lansia. Sistem drive thru dari keluarga lansia karena harus ada yang mengantar, bisa roda 4 bisa roda 2. Titiknya sementara satu dulu, insya Allah di sekitar Jalan Sultan Agung," kata Husnul. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya