Menag Optimis Peluang Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Masih Terbuka

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Agama.

VIVA – Komisi VIII DPR RI menggelar rapat lerja bersama dengan Kementerian Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Gedung DPR, Senin 15 Maret 2021. Dalam rapat ini hal yang dibahas adalah berkaitan dengan Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M dan Vaksinasi Jamaah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Bus Salawat Ramah Lansia dan Disabilitas Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia

Menteri Agama yang akrab disapa Gus Yaqut itu, menyebut kemungkinan untuk diselenggarakannya Ibadah haji masih terbuka. Sebab saat ini baik di Indonesia maupun di Arab Saudi, penanganan Pandemi terus dilakukan.

"Kami optimis kemungkinan diselenggarakannya haji tahun ini masih terbuka. Hal ini ditandai dengan telah dilakukan vaksinasi di Saudi sebagaimana juga di Indonesia dalam rangka menanggulangi pandemi COVID-19," kata Yaqut di Gedung DPR, Senin 15 Maret 2021

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

Sejauh ini,kata Yaqut, Otoritas Arab Saudi juga telah menyatakan akan membuka penerbangan internasional pada 17 Mei 2021. "Situasi ini lebih positif dibandingkan tahun lalu yang menutup penerbangan luar negeri, tak terkecuali selama musim haji 2020," ujarnya

Meskipun, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, belum memberikan kepastian tentang penyelenggaraan haji tahun 1442H/2021M, namun Pemerintah terus berupaya melakukan persiapan.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Kemenag juga terus melakukan berbagai upaya diplomasi dengan berbagai otoritas terkait Arab Saudi seperti Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Menteri Urusan Haji dan Umrah, Arab Saudi serta lembaga-lembaga terkait lainnya.

"Seberapapun tipis kemungkinannya, kami masih tetap berusaha mempersiapkan penyelenggaraan haji pada tahun ini. Kami di Kementerian Agama terus melakukan upaya-upaya yang progresif untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M," ujar Yaqut.

Yaqut menambahkan, "Kami juga terus merespons situasi terkini dengan langkah-langkah strategis yang terukur. Setidaknya, kita telah siap jika pemerintah Saudi membuka akses ke Tanah Suci bagi jemaah haji kita," ujar Yaqut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya