Jokowi Ingin Hidupkan Kembali Proyek Hambalang

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Presiden Jokowi berencana menghidupkan kembali pusat terpadu arena olahraga di Hambalang, Sentul, Jawa Barat. Proyek Hambalang yang berhenti karena perkara korupsi itu, rencananya akan menjadi tempat persiapan atau pemusatan pelatihan para atlet sebelum bertanding. Hal itu disampaikan usai rapat kabinet bersama Presiden Jokowi, hari ini, di Istana Merdeka. 

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Kita sedang mempertimbangkan untuk melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet elite kita yang sudah siap bertanding," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 15 Maret 2021.

Rencana menghidupkan kembali Hambalang yang sebelumnya proyek mangkrak itu ditaksir senilai Rp2 triliun, masuk dalam agenda Desain Olahraga Nasional. Desain atau rancangan jangka panjang mengenai tata kelola olahraga Tanah Air tersebut sebelumnya sempat disinggung oleh Jokowi dalam rapat sebelumnya. Nantinya, sentra pemusatan latihan ini juga akan dibangun di sejumlah daerah.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Tentu, kita sesuaikan dengan potensi yang ada. Dan, yang paling dasar adalah potensi talenta ketika di bangku Sekolah Dasar. Pak Mendikbud juga memberikan respons yang sangat luar biasa positif, beliau akan melakukan tugasnya sesuai dengan apa yang ada dalam desain besar ini,” katanya.

Diberitakan VIVA jauh sebelumnya, tahun 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melakukan inspeksi ke mega proyek lokasi pembangunan sport center Hambalang di Bogor Jawa Barat. Pemerintah, kata Presiden, akan membahas kelanjutan nasib proyek Hambalang pekan depan.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Menurut Jokowi, proyek tersebut tak mustahil dilanjutkan. Kendatipun tidak maka pemanfaatannya akan dialihkan untuk hal yang lebih dibutuhkan. Jokowi mengingatkan bahwa aset negara tak boleh ditelantarkan.

"Sekali lagi yang paling penting adalah penyelamatan aset negara, kuncinya di situ, arahnya ke sana," kata Presiden Jokowi  di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat 18 Maret 2016.

Dalam konteks penyelamatan aset tersebut, Jokowi sudah menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meneliti kembali lokasi dan pusat olahraga yang mulai dikerjakan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Apalagi kata Jokowi, berbagai peralatan juga sudah sempat disediakan di Hambalang seperti meubel dan mesin-mesin pendingin ruangan.

"Nah ini akan dikemanakan. Kalau enggak cepat diputuskan akan rusak semuanya," katanya.

Baca juga: KPK Eksekusi Putusan PK Anas Urbaningrum

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya