Mahasiswa Geruduk Kantor DPP Demokrat, Protes ke AHY Catut Nama Kampus

Massa datangi kantor DPP Partai Demokrat.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Puluhan orang yang mengaku mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin malam, 15 Maret 2021. Mereka sempat memblokade Jalan Proklamasi sekitar lima menit dan mengakibatkan kemacetan. 

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

Berdasarkan pantauan pukul 18.50 WIB, tampak massa berkumpul di depan pagar masuk utama kantor DPP Partai Demokrat. Mereka berorasi menuntut klarifikasi dari Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang mereka sebut telah dicatutkan nama kampusnya untuk mendapatkan dukungan.

Sekitar pukul 18.55 WIB, massa yang berkumpul itu mulai memblokade Jalan Proklamasi. Mereka berbaris di tengah jalan, sehingga kendaraan tidak melintas.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Akibatnya, kemacetan panjang pun terjadi pada sore hari tadi. Tak sedikit pula pengendara sepeda motor yang cekcok dengan massa tersebut. Aparat kepolisian baru berhasil menghalau massa dari badan jalan pada pukul 19.00 WIB.

Tak lama berselang, Kapolsek Metro Menteng AKBP Iver Son Manossoh meminta mereka untuk bubar karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Namun mereka enggan bubar dan memaksa untuk masuk ke kantor DPP Partai Demokrat.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Pihak kepolisian akhirnya menutup Jalan Proklamasi sekitar 30 menit. Pada pukul 19.45 WIB, aparat kepolisian membuka kembali Jalan Proklamasi.

Salah seorang peserta aksi yang mengaku sebagai mahasiswa Universitas Krisnadwipayana menuding, bahwa AHY telah mencatut nama kampusnya dalam memberikan dukungan kepada putra sulung SBY itu. "Padahal sudah dikonfirmasi oleh rektor, ternyata tidak ada anak Unkris yang ikut acara AHY tadi," kata dia dihadapan Iver.

Oleh karena itu, dia menuntut AHY untuk segera memberikan klarifikasi. Ia dan rekan-rekannya dari kampus lain yang ikut dicatut namanya menuntut AHY untuk memberikan klarifikasi langsung.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui sejumlah mahasiswa yang melakukan orasi perihal perlawanan terhadap ketidakadilan demokrasi yang melanda tubuh partai berlambang Mercy itu. Kegiatan itu berlangsung di kantor DPP Partai Demokrat pada Senin siang. 

Ada 10 perwakilan mahasiswa yang menyampaikan orasi. AHY mengatakan, para mahasiswa itu berasal dari Universitas Mpu Tantular, Universitas Ibnu Chaldun, Universitas Bung Karno, Universitas Islam Jakarta, Universitas Borobudur, Universitas Islam As Syafiah, Universitas Krisnadwipayana, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Jayabaya dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia.

Baca juga: Ingin Bertemu AHY, Sekelompok Orang Geruduk Kantor DPP Demokrat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya