Aktif Laporkan Pidana Siber, Siap-siap Diberi Ini oleh Polri

Ilustrasi kejahatan siber
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berencana memberikan penghargaan kepada masyarakat berupa Badge Awards atau lencana bagi yang aktif melaporkan dugaan tindak pidana melalui media sosial (medsos).

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan saat ini rencana Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk memberikan lencana atau Badge Awards masih dilakukan kajian mengenai bagaimana penilaiannya.

“Itu masih dalam perencanaan, masih diukur, nominasi apa yang akan diberikan kepada seseorang yang menerima badge awards,” kata Ramadhan di Mabes Polri pada Rabu, 17 Maret 2021.

Menurut dia, lencana atau Badge Awards ini penghargaan untuk masyarakat yang suka membantu tugas-tugas Polri, khususnya di Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim. Misalnya, warga memberi informasi melalui internet atau dan tentang kejahatan yang ada di internet tapi langsung diberikan kepada Polri.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

“Jadi ada dua yang diberikan. Misalnya, dia menyampaikan lewat internet dan kedua dia langsung ke Polri. Jadi ini penghargaan dari Direktorat Siber kepada masyarakat yang membantu Polri,” ujarnya.

Namun, kata Ramadhan, rencana ini belum menjadi keputusan final karena masih dikaji bagaimana mekanismenya dari kualitas atau kuantitas atas pihak yang membantu Polri, terutama Direktorat Tindak Pidana Siber.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

“Ini belum final, tapi memang sudah dalam tahap perencanaan. Pokoknya, badge awards untuk pihak yang bantu memberikan informasi dan tugas Polri,” jelas dia.

Baca juga: 2 Jenderal Penghukum Anggota Polri dan TNI AD Bertemu, Bahas Apa?

Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024