MUI: 34 Ribu Pasangan Menikah di Usia Dini Selama Pandemi

Siswa SMK di Lombok Barat menikahi dua gadis yang baru lulus SMP
Sumber :
  • Ist

VIVA – Majelis Ulama Indonesia menyebutkan terjadi peningkatan angka pernikahan usia dini selama masa pandemi di tahun 2020 di Indonesia. Berdasarkan catatan peradilan agama, sebanyak 34 ribu permohonan dispensasi kawin sepanjang Januari-Juni 2020. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Permohonan dispensasi ini dilakukan lantaran salah satu atau kedua calon mempelai belum memasuki usia pernikahan (19 tahun)," kata Ketua Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (PRK MUI), Amany Lubis di Jakarta, Kamis, 18 Maret 2021.

Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan usia pasangan calon pengantin yang belum memasuki usia yang ditentukan itu bisa karena berbagai faktor, salah satunya adanya masalah ekonomi.

Lee Sang Yeob Resmi Nikahi Sang Kekasih, Potret Tangisannya Jadi Sorotan

"Dalam praktiknya, persoalan pernikahan anak ini acapkali disebabkan karena minimnya aktivitas di tengah pandemi lantaran kegiatan sekolah yang ditutup, hingga muncul ragam persoalan ekonomi keluarga di tengah situasi pandemi," katanya.   

Menurutnya, MUI berupaya mencegah perkawinan anak dan mengatasi berbagai permasalahan yang disebabkan oleh ketidaksiapan dan ketidakcakapan, sehingga perkawinan tidak meninggalkan generasi yang lemah, sesuai dengan tuntunan Alquran dan sunah. 

DPR Beri Respons Positif soal Kinerja Menteri BUMN yang Mampu Capai Target

"Tujuan perkawinan adalah untuk membentuk kemaslahatan keluarga, umat dan bangsa, yang pada gilirannya akan terwujud generasi Indonesia yang saleh, unggul, dan berdaya saing," katanya.

Amany berkomitmen bekerjasama saling mendukung dalam melakukan berbagai upaya pendewasaan usia perkawinan dan peningkatan kualitas keluarga demi kepentingan terbaik bagi anak Indonesia.

Menteri PPP/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, Ketua BWI, M. Nuh, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, usai acara Gebyar Wakaf Ramadan 2024 di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Maret 2024

Calon Pengantin Bakal Diminta Wakaf Dulu Sebelum Akad, BWI Beberkan Tujuan hingga Metodenya

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), Mohammad Nuh mengatakan, saat ini BWI bersama Kementerian Agama tengah mengembangkan metode Wakaf Calon Pengantin (Catin).

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024