Viral, Grafiti Antikorupsi Kepala Kejaksaan di Malang Diedit Jadi Meme

Meme-meme yang sedang viral hasil rekayasa gambar kreasi warganet dari foto peresmian grafiti atau gambar di tembok pada bagian bawah Jembatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Pemerintah Kota Malang meresmikan grafiti atau gambar di tembok pada bagian bawah Jembatan Kedungkandang di kota itu, Senin, 15 Maret 2021. Secara simbolis Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menorehkan tinta di jembatan itu sebagai penanda sebelum grafiti dilanjutkan oleh puluhan komunitas di Kota Malang. 

Ini Sosok Artis dan Pendakwah Berinisial D yang Terlibat Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi

Setelah diresmikan, ternyata foto peresemian grafiti menjadi viral di media sosial, seperti foto Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Andi Dharmawangsa saat menorehkan tinta. Foto itu diedit dengan berbagai macam tulisan candaan lantas menjadi meme dan viral.

Beberapa tulisan yang viral, antara lain “Aku kaya gini cuman sama kamu”, “Anda butuh uang? Sama!”, “Nissa Sabyan I Love You so Much”, dan meme-meme lainnya. Padahal torehan Andi sebagai perwakilan Kejaksaan bertulis “Orang hebat tidak korupsi”.

Gandeng Kejaksaan dan Imigrasi, Bea Cukai Siap Optimalkan Pengawasan

Photo :
  • Instagram

Meme viral dengan bahan-bahan tulisan kocak ini pun bertebaran di media sosial, mulai dari Whatsapp, Instagram, Twitter, hingga Facebook. Andi mengaku tak risau dengan ulah warganet yang mengubah pesan antikorupsinya menjadi meme-meme gurauan. Jika memuat pornografi hingga pelanggaran Undang-Undang Informasi Teknologi, dia akan melaporkannya kepada polisi. 

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

"Cuma masalahnya, waktu saya tanya anak-anak, ini apa artinya, kalimat-kalimat gaul, sebenarnya. Tapi kita lihat lagi perkembangannya seperti apa. Saya mau konsultasi juga, sebenarnya, sama Pak Wali Kota (Sutiaji) bagaimana, sih, bahasanya ini," ujar Andi. 

Bahkan akun Instagram Wali Kota Malang Sutiaji dengan nama @Sam.Sutiaji juga mengunggah meme-meme yang sedang viral. Meme yang diunggah oleh Sutiaji kebanyakan berbahasa Jawa, rata-rata bertemakan tentang percintaan.

Gedung Kejaksaan Agung

Survei LSI: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik Jadi 74 Persen

Keberanian Kejaksaan dalam mengusut kasus mega korupsi dinilai mendapat banyak dukungan dari masyarakat. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024