Terduga Teroris di Deli Serdang Salat Subuh Berjemaah dengan Densus 88

Rumah yang disewa oleh seorang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Perumahan Graha Deli Permai, Desa Deli Tua, Kecamatan Namorabe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Seorang dari 8 orang terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri ?bernama Suhartono alias Jarwok. Dia menyewa rumah di Perumahan Graha Deli Permai, Desa Deli Tua, Kecamatan Namorabe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Menurut ketua RW setempat, Iwan, Suhartono tinggal di rumah itu bersama istri dan kedua anaknya. Densus 88 menangkap Suhartono pada waktu subuh, pukul 05.45 WIB, Jumat, 19 Maret 2021.

Suhartono menyewa rumah itu sejak tujuh bulan lalu. Sayangnya, menurut Iwan, Suhartono belum pernah melapor kepadanya sebagai warga pendatang untuk bermukim di sana.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Iwan menduga, ?polisi sudah mengawasi pergerakan Suhartono beberapa waktu belakangan di sekitar rumah. Bahkan, Suhartono sempat salat subuh berjemaah dengan petugas Densus 88 di satu masjid di kompleks Perumahan Graha Deli Permai.

"Yang menangkap (petugas Densus 88) sama-sama kami salat subuh. ?Dia (Suhartono) diamankan setelah pulang dari masjid sekitar 100 meter sebelum rumahnya," kata Iwan.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Identifikasi kelompok

Kedelapan terduga teroris itu ditangkap di tempat berbeda, antara lain 2 di Kota Tanjung Balai dan 6 orang di sejumlah tempat di Kota Medan dan sekitarnya. Semuanya kini ditahan ke Markas Polda Sumatera Utara di Medan.

Polisi masih mengembangkan penyelidikan untuk mengidentifikasi jaringan atau kelompok kedelapan orang itu, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Hadi juga mengaku belum mendapat konfirmasi apakah para terduga teroris itu akan dibawa ke Jakarta atau tidak. Dia akan memberikan keterangan lanjutan berdasarkan data yang disampaikan Densus 88.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya