Jenderal Sigit Curhat soal Kejahatan di Perairan Kian Marak ke KSAL

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjalin kerja sama keamanan perairan laut dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin, 22 Maret 2021.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri bersama Laksamana Yudo banyak berdiskusi terkait keamanan perairan laut. Sehingga, mereka sepakat untuk meningkatkan sinergitas soal keamanan dan penegakan hukum di perairan Indonesia.

“Sinergitas kerja sama pada operasi utamanya Marinir dan Brimob, Lantamal dengan Polair,” kata Sigit.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Selain itu, Sigit juga membicarakan soal maraknya kejahatan tindak pidana narkoba yang diselundupkan melalui jalur laut atau perairan. Bahkan, pelaku menjalankan aksinya dengan berbagai modus untuk bisa mengelabui petugas. Misal, mengemas narkoba dengan bungkusan teh dan lainnya.

“Jadi, perlu ada penguatan sinergitas tingkat bawah hingga atas karena banyak jalur perairan sekarang dimanfaatkan pelaku kejahatan,” ujar mantan Kepala Bareskrim ini.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Oleh karena itu, Sigit menambahkan perlu ada pembahasan terkait pelatihan bersama antara personel Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dengan TNI AL. “Bagaimana ada kegiatan pelatihan bersama ada integrasi di tingkat pelaksana. Minimal pernah ada pelatihan bersama,” jelas dia.

Sementara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono sepakat perlu adanya integritas dari jajaran TNI dan Polri dalam melaksanakan tugasnya mengingat munculnya fenomena kejahatan di perairan atau laut.

"Kerja sama sinergitas AL dengan polisi terutama Polair. Kewenangan yang bukan AL diserahkan ke Polisi. Hal seperti ini dikembangkan dan ditingkatkan dalam sinergitas," kata Yudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya