Mulai Hari Ini, Jabar Terapkan Tilang Elektronik di 12 Daerah

Polda Jabar resmi memberlakukan tilang elektronik, Selasa, 23 Maret 2021.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat resmi memberlakukan tilang eletronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di 12 daerah.

Emak-emak Naik Motor Juga Berulah di Luar Negeri, Lakukan Ratusan Pelanggaran

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri menjelaskan, penegakan hukum lalu lintas ini berlaku dengan berbasis data tanpa penindakan petugas di lapangan.

"Jadi sistemnya dengan menggunakan kamera yang kemudian juga terdata secara langsung ada server-nya yang ada di desk office," ujar Dofiri di Mapolda Jawa Barat, Selasa, 23 Maret 2021.

Kakorlantas: 4 Ribu lebih Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Arus Mudik Lebaran 2024

Dofiri mengingatkan masyarakat untuk patuh dalam berkendara. "Jadi dengan ETLE, bentuk pelanggaran apa pun itu bisa termonitor dengan baik dan saat itu juga bisa langsung terdeteksi. Sehingga saya berharap masyarakat taat dan patuh dalam berlalu lintas," katanya.

Dofiri menambahkan, "Hari ini secara bersamaan ada 12 polda launching berkaitan dengan ETLE atau tilang elektronik. Kita di Jabar juga kebagian karena belum tentu semua Polda mendapat jatah untuk itu dan kita Polda Jabar pada tahap pertama ini mendapat ada 12 lokasi dengan 21 titik."

Cek Pelat Nomor Dulu Sebelum Mudik Agar Terbebas Tilang Elektronik Ganjil Genap di Tol


 

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024