BMKG: 7 Kabupaten/kota di Kepulauan Riau Mengalami Hari Tanpa Bayangan

Warga berjalan di bawak terik matahari melintasi jembatan Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.
Sumber :
  • ANTARA/Ogen

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang menyebut tujuh kabupaten/kota se-Kepulauan Riau mengalami fenomena hari tanpa bayangan akibat kulminasi, yaitu fenomena ketika posisi matahari tepat berada di atas provinsi itu.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Fenomena hari bayangan di daerah ini telah dimulai sejak tanggal 20 Maret 2021 dan akan berakhir 30 Maret 2021," kata prakirawan BMKG Tanjungpinang Vivi, Selasa, 23 Maret 2021.

Vivi menjelaskan saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Pada saat itu, katanya, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. "Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," kata Vivi.

Menurutnya, hari tanpa bayangan tidak berdampak terhadap kondisi alam, melainkan fenomena tahunan.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Hari tanpa bayangan pertama di Kepri terjadi pada tanggal 20 Maret 2021 terjadi di Daik, Kabupaten Lingga pukul 12.09 WIB.

Kemudian pada 23 Maret 2021 terjadi di tiga daerah sekaligus, yakni Kota Tanjungpinang pukul 12.08 WIB, Kabupaten Bintan pukul 12.08 WIB, Kota Batam pukul 12.10 WIB, Kabupaten Karimun pukul 12.13 WIB.

Selanjutnya hari tanpa bayangan akan terjadi di Tarempa, Kabupaten Anambas pada 28 Maret 2021 pukul 12.00 WIB, dan Ranai, Kabupaten Natuna pada 30 Maret 2021 pukul 11.50 WIB. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya