Terduga Teroris Ditangkap di Kompleks Elite Pelatih Wirausaha JI

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono
Sumber :
  • VIVA / Ahmad Farhan

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri inisial AM (54) di Tangerang Selatan merupakan bagian dari kelompok dari Jamaah Islamiyah (JI).

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

“AM ini bertugas sebagai pencari dana atau dikenal di JI sebagai istishod,” kata Rusdi di Mabes Polri pada Rabu, 24 Maret 2021.

Menurut dia, AM ini bertugas melakukan pelatihan kewirausahaan kepada seluruh anggota Jamaah Islamiyah. Harapannya, ketika diberi pelatihan-pelatihan, usaha yang dilakukan anggota JI ini bisa berkembang.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

“Ketika usaha dari para angtota JI ini berkembang, tentu akan memberi nilai lebih infaq yang semakin besar yang masuk di dalam keuangan organisasi JI. Jika keuangan semakin besar, JI bisa menjaga dan mempertahankan eksistensi organisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, penangkapan AM merupakan pengembangan Tim Densus 88 Antiteror yang meringkus teroris di Jawa Timur, serta Jakarta, Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dari Jakarta, ada dua orang terduga teroris yang diamankan.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

“Sumatera Barat ada 6 orang, Sumatera Utara ada 14 orang. Informasi terakhir, hari ini Sumatera Utara ada empat orang lagi yang diamankan sehingga seluruhnya berjumlah 18 orang,” jelas dia.

Sebelumnya Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror melakukan penangkapan terhadap seorang pria berinisial AM, yang menjadi terduga teroris.

Penangkapan itu dilakukan di perumahan elite yakni Villa Ilhami, Kelapa Dua Tangerang. Tidak hanya menangkap terduga teroris, petugas juga melakukan penggeledahan di kediaman terduga di Jalan Qamari Perum 2, Villa Ilhami Blok D, Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten pada Rabu, 24 Maret 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya