Ridwan Kamil: Warga Pelosok Jabar Bukan Prioritas Utama Vaksinasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai vaksinasi COVID-19 bagi warga di pelosok-pelosok bukan bagian daftar prioritas pertama atau utama sebagai penerima vaksin. Menurutnya, paparan COVID-19 masuk pelosok Jawa Barat sangat tidak dimungkinkan. Hingga saat ini, daerah pelosok masih zona hijau.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

"Kita selalu ada laporan tiap hari, (vaksinasi) fokus di peta zona yang pernah merah, pelosok-pelosok itu rata-rata hijau mungkin jadi prioritas terakhir," ujar Ridwan Kamil, Kamis, 25 Maret 2021.

Menurutnya, vaksinasi di kota-kota besar tetap difokuskan pada vaksinasi massal. "Bukan soal tidak mau vaksin, memang COVID-nya juga jauh tapi yang padat. Ibu Kota Kabupaten, Kecamatan-kecamatan padat itu didahulukan vaksinasi," katanya.

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Ridwan Kamil meminta Kepala Daerah untuk memberlakukan vaksinasi massal dengan kapasitas melebihi kemampuan Puskesmas. "Saya titip vaksinasi harus selesai, karena kalau enggak COVIDnya yang menang, enggak ada lagi kecuali vaksin kecepatan Jawa Barat sekarang baru 40 ribu per hari, kalau mau selesai harus 150 ribu per hari," katanya.

Lebih lajnut, Ridwan juga meminta vaksinasi bisa dilakukan tanpa mengandalkan puskesmas. Misalnya berupa hajatan vaksinasi massal.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

"Kalau hanya mengandalkan Puskesmas, lima tahun baru beres, sekarang saya arahkan vaksinasi itu dibikin kaya hajatan, ajak semua pihak industri bikin hajatan vaksinasi massal, nanti vaksinnya dari kami, tukang nyuntiknya dari kami, tapi kepanitian vaksinasi massal tolong disebarluaskan," tambahnya.

Baca juga: Promo Alfamart 25 Maret 2021: Cek Diskon Beras hingga Sirup

Sekda Depok, Supian Suri temui Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024