Jokowi: Tidak Ada Impor Beras, Hentikan Perdebatan

Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Maluku
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden/BPMI Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo akhirnya angkat bicara mengenai polemik impor beras di musim panen ini. Ia menegaskan, tidak ada impor beras, dan meminta agar perdebatan soal itu, dihentikan.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

"Saya pastikan bahwa samai Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia," tegas Presiden Jokowi, dalam keterangannya, Jumat 26 Maret 2021. 

Lebih lanjut Kepala Negara mengatakan, selama ini tidak ada impor beras dilakukan oleh pemerintah. Termasuk dalam kurun waktu tiga tahun ini.

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

Baca juga: IBC Ditargetkan Punya Kapasitas Produksi Baterai Sampai 140 GWh

"Kita tahu sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras," katanya. 

Orang Kaya Madura Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Kami Titipkan Nasib Petani Tembakau

Memang diakuinya, ada MoU antara pemerintah dengan Thailand dan Vietnam terkait beras. Tetapi hal itu sebagai langkah untuk berjaga-jaga, mengantisipasi mengingat pandemi COVID-19.

"Saya tegaskan sekali lagi berasnya belum masuk," lanjutnya.

Oleh sebab itu, ia memastikan tetap akan menyerap beras dari petani yang dalam waktu dekat ini akan ada panen raya. Maka dari itu, menurutnya tidak perlu lagi ada perdebatan impor beras karena memang tidak dilakukan.

"Oleh sebab itu saya minta segera hentikan perdebatan berkaitan impor beras. Ini justru bisa membuat harga gabah di tingkat petani turun atau anjlok," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya