Salah Gerebek di Malang Berakhir Damai, Polda Jatim: TNI-Polri Solid

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Kombes Gatot Repli
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko menegaskan bahwa Kepolisian RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Jawa Timur solid kendati sempat diriuhi insiden salah gerebek oleh empat anggota Satreskoba Kepolisian Resor Kota Malang pada Kamis dini hari, 25 Maret 2021.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Empat anggota Polresta Malang saat itu tengah melakukan kegiatan penindakan kasus penyalahgunaan narkotika di sebuah hotel di kota setempat. Kebetulan, Kolonel Chb I Wayan Sudarsana menginap di sana.

Di Malang, Kolonel Wayan menjalankan tugas dari Pusat Perhubungan Angkatan Darat dalam tim Pemeriksaan Materil Perbekalan dan Fasilitas (Rikmat Bekfas) TW I Tahun Anggaran 2021.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Keempat anggota Polresta Malang itu salah masuk kamar yang ditempati Kolonel I Wayan. Di sana mereka juga melakukan penggeledahan. Setelah tidak menemukan barang bukti apapun, anggota Polresta Malang itu lalu pergi.

Tak lama kemudian, I Wayan dihubungi Kepala Perhubungan Kodam Brawijaya, Kolonel Chb Muhammad Anom Kartika. Wayan dijemput dibawa ke Markas Komando Hubdam V/Brawijaya di Kota Malang.

Polri Ternyata Masih Tetap Gunakan Istilah KKB Ketimbang OPM, Ini Alasannya

Segera setelah itu, Kapolresta Malang AKBP Leonardus Simarmata datang menemui Wayan dan sejumlah petinggi Kodam. Dia memohon maaf atas kekhilafan anak buahnya sekaligus menyampaikan kronologi penggerebekan anak buahnya itu. 

Kombes Gatot mengatakan mediasi berlangsung damai dan permohonan maaf pihak Polri sudah diterima oleh pihak TNI. "Pada prinsipnya, kami TNI/Polri yang ada di Jawa Timur tetap solid," katanya di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Jumat, 26 Maret 2021.

Ia mengatakan, Polresta sudah melakukan penindakan terhadap empat anggota Satreskoba yang melakukan kesalahan penggerebekan itu. Kata Gatot, mereka ditahan oleh Propam Polresta setempat karena melakukan kesalahan prosedur atau SOP dalam menjalankan tugas. 

“Petunjuk dalam hal penanganan kesalahan anggota tetap dilakukan tindakan penahanan terhadap anggota yang terlibat. Saat ini sudah dilakukan penahanan oleh Propam Polresta Malang,” ujar Gatot. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya