Terbata-bata, Megawati Semangati Muda-mudi RI Guncangkan Dunia

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri meminta agar pemuda-pemudi tidak takut untuk terus berkarya. Baginya, pada saat ini para anak muda harus berani membuat karya tanpa rasa takut karyanya akan dibandingkan dengan karya asing.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Hal ini disampaikan Megawati saat menjadi pembicara kunci dalam acara pagelaran bertajuk "Exotic Journey to Nusantara" karya perancang mode Samuel Wattimena, yang berlangsung virtual.

"Mulai tahun 2021 ini yang merupakan tahun ekonomi kreatif, menuju tahun 2045 yaitu peringatan satu abad kemerdekaan Indonesia. Saya dorong generasi muda untuk kedepankan karya dan buktikan ke dunia bahwa Made in Indonesia adalah karya terbaik. Jangan takut berkreasi," kata Megawati pada Sabtu 27 Maret 2021.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pantauan VIVA, acara pagelaran yang bekerja sama dengan KBRI Seoul ini turut dihadiri Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi. 

Menurut Megawati, berdasarkan data, Indonesia masuk tiga besar negara dari sektor ekonomi kreatif yang menyumbangkan devisa terbesar pada produk domestik bruto nasional. Data itu tentunya menggembirakan sebab bersanding dengan dua negara maju lainnya yakni, Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Pemuda di Tangerang Banting Lansia Setelah Motor Keduanya Bersenggolan

"Ini suatu capaian baik. Tetapi capaian yang baik seyogianya kita pertahankan, jangan lengah," kata Megawati.

Megawati pun lantas menyinggung soal keberadaan hak kekayaan intelektual atau HAKI. Para pelaku ekonomi kreatif diminta agar memperhatikan hal ini. Perangkat hukum berupa Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta pasal 40 ayat 1 sudah mengaturnya.

Kemudian Megawati mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif mendaftarkan karyanya sebagai hak cipta, indikasi geografis atau kekayaan intelektual komunal.

"Saudara-audara para pengrajin, jangan sampai karya-karya tersebut lalu diklaim oleh pihak asing hanya karena keteledoran kita untuk memahami hukum," tutur Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut.

Menutup sambutannya, Megawati juga mengutip pernyataan ayahandanya Sukarno yang populer dengan pernyataan "Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia".

"Kini saya Megawati, izinkan menyampaikan, pemuda dan pemudi, guncangkan dunia dengan kreativitasmu dan karyamu. Tak lupa daftarkan karyamu untuk menerima perlindungan hukum," katanya sambil terbata-bata seperti sedang menahan rasa haru.

Sekadar diketaui, pagelaran ini turut dihadiri perwakilan dan sejumlah tokoh kenamaan dari dunia fesyen asal negeri Gingseng tersebut. Di antaranya ada Kyung ran-Choi dan Sohn Kyung-shik selaku petinggi CJ Group.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya