Ternyata, Ada 3 Tanah Makam Meninggi di Pariaman

Makam menggembung di Padang Pariaman sebabkan pengunjung datang
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Fenomena makam meninggi di area perkuburan milik suku Panyalai di Korong atau Kampung Sungai Asam, Padang Pariaman, Sumatera Barat, baru pertama kali terjadi.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

"Belum ada kejadian sebelumnya, baru kali ini," ujar Annuar, kepala dusun setempat, dalam wawancara dengan tvOne di acara Apa Kabar Indonesia, Minggu pagi, 28 Maret 2021.

Annuar mengemukakan, ia dan warga desa belum bisa memastikan penyebab meningginya makam di lokasi itu. Menurut dia, ada tiga makam yang meninggi. 

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

"Yang meninggi ada tiga makam, yang lainnya seperti biasa tidak ada meninggi. Cuma tiga makam yang meninggi," ujar Annuar.

Menyikapi fenomena ini, menurut Annuar, ia dan ulama setempat telah bermusyawarah untuk mencari silsilah pemilik makam tersebut.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Sampai saat ini, Annuar mengemukakan, masyarakat masih banyak yang datang ke lokasi. "Masih ada masyarakat yang melempar uang," katanya.

Sebelumnya, fenomena tak lazim terjadi di Korong atau Kampung Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. 

Gundukan tanah kuburan yang berada di pandam perkuburan milik kaum suku Panyalai setempat, tiba-tiba menjadi tinggi. Bahkan ketinggian tanah gundukan kuburan itu saat ini sudah mencapai satu setengah meter.

Potongan video yang memperlihatkan fenomena ini pun beredar luas di jejaring media sosial. Pada potongan video berdurasi 59 detik yang diterima VIVA, Jumat 26 Maret 2021, seorang pria menyebutkan fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya