Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Teror Bom di Makassar

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Dokumentasi Setpres.

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusut tuntas pelaku ataupun kelompok tindakan bom bunuh diri yang terjadi di depan gerbang Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 28 Maret 2021.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

"Saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers, Minggu, 28 Maret 2021.

Kepala Negara pun menegaskan dirinya mengutuk keras aksi tersebut dan telah memerintahkan Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk membongkar jaringan pelaku.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Terkait dengan kejadian aksi terorisme di Gereja Katedral Makassar hari ini, saya mengutuk keras aksi terorisme tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh masyarakat agar tak panik pasca-terjadinya aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu, 28 Maret 2021.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Sigit menegaskan, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mendalami pelaku dari aksi teror tersebut. Korps Bhayangkara menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) usai aksi tersebut.

"Kami sedang dalami dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dan, untuk masyarakat tidak usah terlalu panik, kami sedang dalami pelakunya," kata Sigit, Minggu, 28 Maret 2021.

Sigit menyebut, pihak Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri sejauh ini akan terus melakukan penindakan terhadap para kelompok teroris. Hal itu merupakan komitmen dari Korps Bhayangkara untuk memberangus para jaringan-jaringan tersebut.

Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir. Mengingat, negara hadir dan tidak akan kalah dengan aksi ataupun serangan teror apapun.

Baca juga: Soal Bom Makassar, Jokowi: Terorisme Tak Ada Kaitannya dengan Agama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya