700 Warga Terdampak Kebakaran Kilang Balongan Indramayu

Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Kapolda Jawa Barat Irjen Dofiri
Sumber :
  • Diskominfo Indramayu

VIVA – Lebih dari 700 orang warga terdampak kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, dievakuasi ke lokasi yang aman. Kebakaran dahsyat di kilang Balongan ini terjadi pada Senin dini hari, 29 Februari 2021. 

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Menurut Bupati Indramayu, Nina Agustina, ratusan warga yang mengungsi ini tersebar di tiga lokasi, masing-masing 320 pengungsi di Pendopo Kantor Bupati Indramayu, 393 pengungsi di Islamic Centre dan sebagian lain ditampung di GOR perumahan Bumi Patra Indramayu.

"Karena mereka pasti panik ya tidak menyangka akan terjadi peristiwa ini, sehingga mereka berhamburan keluar (rumah) untuk mengungsi," kata Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Kapolda Jawa Barat Irjen Dofiri saat meninjau lokasi pengungsian Senin pagi, 29 Maret 2021.

6 Fakta TKW yang Dikira Meninggal di Suriah, Kembali ke Kampung Halaman Setelah Hilang 22 Tahun

Bupati memastikan semua pihak terkait sudah bergerak untuk mengatasi kebakaran yang terjadi. Meskipun kobaran api masih menyala namun api sudah relatif terkendali atau mengecil tidak seperti dini hari tadi. 

Selain itu, penanganan terhadap warga yang terdampak juga terus dilakukan. Bupati meminta masyarakat tetap tenang, dan tetap berada di pengungsian untuk mempermudah pendataan warga yang menjadi korban terdampak kebakaran ini. 

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Pihaknya juga tengah mengupayakan realokasi warga yang tinggal dekat kilang Balongan. "Mengenai adanya kemungkinan realokasi warga masih akan dibahas lebih lanjut," ujar Nina

Sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Kilang Pertamina Balongan pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. Empat warga yang tengah melintas mengalami luka bakar dan sudah dalam perawatan intensif di RSUD Indramayu.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Tim HSSE Kilang Pertamina Balongan masih terus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Laporan: Erfan Septyawan/tvOne Indramayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya