Anindya Bakrie Dorong Mahasiswa Terlibat dalam Misi Sosial

Mahasiswa Universitas Bakrie mengikuti program magang intensif
Sumber :
  • Universitas Bakrie

VIVA – Bakrie Center Foundation (BCF) menjadi rekanan Universitas Bakrie dalam menyelenggarakan Campus Leaders Program. Campus Leaders Program (CLP) merupakan program magang intensif selama kurang lebih 3 bulan yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi  Universitas Bakrie. 

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

CLP pertama kali diselenggarakan pada bulan November 2020. CLP angkatan pertama meluluskan 8 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bakrie lintas fakultas dan program studi, yaitu Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Ilmu Politik, serta Program Studi Komunikasi. 

Saat ini, CLP angkatan kedua tengah berlangsung hingga Mei 2021. 

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Founder & Chairman Bakrie Centre Foundation, Anindya Novyan Bakrie, berusaha terus menerus memberikan dukungan kepada generasi muda untuk terus berkreatif melakukan aktivitas sosial. 

Pelaksanaan CLP, lanjut Anin, tidak hanya memberikan pengalaman kerja nyata kepada para pesertanya, namun para peserta juga didorong untuk langsung turun ke lapangan guna mengasah kemampuan berpikir kritis, kepemimpinan, serta memecahkan masalah (problem solving). 

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Kegiatan langsung di lapangan membuat para mahasiswa menjadi lebih peka dan mampu berinteraksi lebih luwes kepada masyarakat di sekitar.

CLP hadir sebagai bentuk dukungan terhadap program Kampus Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim untuk menciptakan mahasiswa yang tak hanya cakap dalam bidang akademis, namun juga andal untuk menjadi solusi bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Maka dari itu, CLP bukan hanya sekedar program magang saja namun juga menjadi sarana bagi mahasiswa dalam mengasah kepekaan sosialnya. 

Menurut Kepala Program Studi Manajemen Universitas Bakrie, M. Taufiq Amir, Ph.D, kemitraan ini sangat membantu universitas dalam mencetak generasi muda yang memiliki empati sosial sehingga ke depan diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dengan memperhatikan aspek kemanusiaan. 

“Membangun kapasitas empati penting, untuk profesi apapun. Kerjasama dengan Bakrie Center Foundation (BCF), yang punya pengalaman, fellows , dan jejaring yang terkait sociopreneurship akan bermanfaat bagi prodi dan mahasiswa yang jadi peserta program,” tutur Taufiq. 

Seperti saat ini, para peserta CLP sedang merancang program edukasi lingkungan bagi masyarakat di RT 05 RW 05 Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan bersama dengan peraih fellowship LEAD Indonesia 2019 yaitu Komunitas DarlingQu (Sadar Lingkunganku). 

“Selama saya magang dalam Campus Leaders Program di Bakrie Center Foundation, saya mendapatkan banyak pengalaman langsung mengenai dunia kerja. Mulai dari mengelola time management dengan baik agar tugas yang diberikan dapat dikerjakan tepat waktu, dipercaya untuk memimpin suatu Project membuat jiwa leadership saya dapat berkembang, dan pastinya menambah relasi dengan Fellowship dan Alumni-Alumni hebat dari Program Bakrie Graduate Fellowship,” ujar Ananda Nur Mariska sebagai Program Assistant dalam Campus Leaders Program. 

Tanggapan yang positif juga datang komunitas mitra program ini yang juga merupakan fellow dari program LEAD Indonesia 2019. Menurut Elisabeth Viciyanti, Co-Founder Komunitas DarlingQu, kegiatan magang ini sangat membantu komunitas dalam mengembangkan program-programnya ke depan. 

“Ada simbiosis mutualisme bagi semua pihak. Mahasiswa bisa langsung turun ke lapangan, menemukan sendiri permasalahan-permasalahan yang nyata. Dengan demikan dapat mengasah keterampilan mereka dengan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan di perkuliahan. DarlingQu juga merasa terbantu apalagi relawan-relawan DarlingQu sudah tidak muda lagi usianya,” jelas Vici. 

Ke depan, CLP diharapkan dapat terus terlaksana dan bisa memperluas wilayah kerjanya di seluruh daerah di Indonesia. Melalui program ini, BCF berharap bisa terus menjalin kerja sama dengan berbagai universitas terbaik di Indonesia, untuk menyelenggarakan program ini di masa mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya