Erupsi, Puncak Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik 1.000 Meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo saati erupsi dan menyemburkan abu vulkanik.
Sumber :
  • ANTARA/HO

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi. Gunung itu menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari puncak gunung, Selasa siang, 30 Maret 2021, sekitar pukul 10.35 WIB.

INFOGRAFIK: Extraordinary Mudik Gratis Naik Kapal Perang

"Erupsi beramplitudo 21 mm dengan durasi 3 menit 32 detik,"? ungkap Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra kepada wartawan, Selasa siang, 30 Maret 2021.

Armen menjelaskan erupsi kali ini, kolom abu tebal dengan arah angin mengarah ?ke arah timur dan tenggara Gunung Sinabung."Kondisi cuaca cerah dan teramati," kata Armen.

Gunung Marapi Erupsi dengan Kolom Abu 1.500 Meter, TNI Siagakan Prajurit

Sementara itu, Gunung tersebut masih berada pada status level III atau siaga. Armen mengimbau kepada masyarakat, yang sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," jelas Armen.

Gunung Ibu di Halmahera Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," sebut Armen.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Menteri PPPA mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Wajo karena berhasil menurunkan angka perkawinan anak sehingga bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024