Masuk Bursa Capres 2024, Ridwan Kamil: ‎Hanya Allah Yang Tahu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku tetap fokus bekerja untuk memimpin Provinsi Jawa Barat. Meski dirinya masuk salah satu tokoh yang memiliki elektabilitas baik untuk menjadi calon presiden 2024 merujuk survei Indikator Politik Indonesia.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

"Kita kerja ini, untuk tidak survei atau dapat pujian. Kita kerja dan kita bersumpah menjadi pejabat daerah untuk bekerja," kata Ridwan Kamil di Rumah Dinas Gubernur Sumut di Kota Medan, Rabu, 31 Maret 2021.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyampaikan bila sistem bekerja dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat dapat nilai baik. Dia mengucapkan syukur kepada Allah. "Bila bekerjanya, ada nilai elektoralnya, Alhamdulillah. Kalau tidak ada, bukan jadi masalah," ujar Mantan Wali Kota Bandung itu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Untuk bursa capres Pilpres 2024, ia hanya bisa pasrah dan berikhtiar dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jabar. 

"Urusan ke depan, hanya Allah yang tahu. Yang penting kerja keras. Kalau pintunya, ada Bismillah, bila tidak, tidak masalah. Itu prinsip saya, Itu utamanya," tuturnya.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Sebelumnya, dalam survei Indikator Politik Indonesia menyatakan sosok Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masuk dalam tiga besar calon presiden (capres) pilihan anak muda atau milenial.

"Ya, saya mah hatur lumayan weh. Saya tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak nge-buzzer-buzzer, tidak. Tapi, kalau diapresiasi secara elektroral ya alhamdulillah," kata Ridwan ketika diminta tanggapan soal hasil survei tersebut, di Bandung, Selasa, 23 Maret 2021.

Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 4 hingga 10 Maret 2021, dengan metode simple random sampling yang melibatkan 206.983 responden yang terdistribusi secara acak.

Berdasarkan survei itu, nama Gubernur DKI Anies Baswedan jadi pilihan terbanyak di antara 16 nama lainnya.

"Di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut yang tertinggi itu Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Indikator Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam acara zoom meeting Rilis Survei Indikator: Suara Anak Muda tentang Isu-isu Sosial, Politik Bangsa, Minggu, 21 Maret 2021.

Berdasarkan hasil survei itu, Anies mendapatkan pilihan sebesar 15,2 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 13,7 persen dan Ridwan Kamil 10,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya