Gunung Sinabung Dua Kali Erupsi, Tinggi Kolom Abu hingga 2.000 Meter

Ilustrasi Gunung Sinabung erupsi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilaporkan dua kali erupsi pada Minggu pagi, 4 April 2021. Erupsi pertama tercatat pada pukul 06.56 WIB dan yang kedua pukul 07.06 WIB.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tinggi kolom abu yang teramati pada erupsi pertama 2.000 meter, kemudian erupsi kedua 1.000 meter, kata Petugas pos pemantau Gunung Sinabung Armen Putra.

Erupsi terjadi dengan abu kolom berwarna abu-abu dengan kondisi tebal dan arah angin ke timur tenggara. Puncak dari Gunung Sinabung masih terlihat jelas mendekati tertutup kabut. 

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Gunung Sinabung masih berada pada status level III atau siaga. Armen mengimbau masyarakat yang sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara," katanya. 

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Jika terjadi hujan abu, Armen mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024