Seksi Konservasi Singkawang Selamatkan Penyu Hijau

Ilustrasi penyu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto, mengatakan pihaknya telah menyelamatkan seekor Penyu Hijau yang sebelumnya terkena pancing warga di sekitar Muara Sungai Kuala Singkawang, Kalimantan Barat.

"Iya memang benar kita telah mengamankan dan menyelamatkan seekor Penyu Hijau yang tertangkap oleh nelayan. Penyu tersebut terkena pancing warga di sekitar Muara Sungai Kuala Singkawang," kata dia di Singkawang, Senin.

Atas informasi masyarakat, pihaknya mendatangi nelayan tersebut dan penyu itu diselamatkan oleh BKSDA Kalbar Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang bersama nelayan, ketua RT, dan babinsa.

"Penyu tersebut kita lepaskan di lokasi Pantai Gratis dekat PLTU sekitar pukul 15.00 WIB kemarin," ujarnya.

Wikipedia menyebut Penyu Hijau (Chelonia mydas) adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Namanya didapat dari lemak berwarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka.

Jumlah Penyu Hijau semakin berkurang karena banyak diburu untuk diambil pelindung tubuhnya (karapaks dan plastron) sebagai hiasan, telurnya sebagai sumber protein tinggi dan obat, juga dagingnya sebagai bahan makanan. (ant)

Tersangka Penangkapan Penyu Hijau Terancam 5 Tahun Penjara
Tanam Mangrove dan Lepas Satwa di Pulau Sebaru

Bantu Lestarikan Ekosistem, JFX dan AGP Tanam Mangrove dan Lepas Satwa di Pulau Sebaru

Kegiatan menanam pohon mangrove merupakan upaya JFX dan AGP dalam menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi di pesisir pantai seperti Abrasi maupun Tsunami.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2024