Basarnas Cari Lagi 14 ABK Hilang walau Waspada Cuaca dan Ombak

Pencarian orang hilang di laut oleh Basarnas
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung kembali mencari 14 korban hilang ABK MV Barokah Jaya di perairan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pencarian di hari keempat ini diprediksi akan tertantang dengan cuaca dan ombak.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Prediksi Cuaca BMKG pada hari ini yaitu diprediksi tinggi gelombang 1.5-2 meter, kecepatan angin 10-25 Knot (Barat - Barat Laut) dan kecepatan arus : 20- 45 Cm/detik, cuaca ini cukup diwaspadai oleh tim SAR Gabungan pada pencarian hari ini, namun tim optimis bisa melakukan penyisiran semaksimal mungkin.

"Prakiraan cuaca BMKG pada hari ini patut diwaspadai namun begitu tidak menyurutkan semangat bagi tim untuk melakukan pencarian dan bisa menemukan korban. Kami juga berharap semoga POB yang ditemukan sedang dalam keadaan survive," ujar Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah, Selasa 6 April 2021.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Pada pencarian hari ini, tim SAR Gabungan mengerahkan empat unit kapal yaitu KN SAR Wisnu, KRI Cucut Koarmabar, KP Parkit dan Kapal 1006 Polair Polda Jabar disertai dengan tim selam.

"Hari keempat ini kita mengerahkan semua kekuatan yang ada baik alut dan personel. Penyelam juga disiapkan baik dari Basarnas Special Group, Polair, Lanal ataupun organisasi hobi dan lainnya, namun pencarian akan fokus pada penyisiran sesuai dengan rencana operasi yang sudah di susun," katanya lagi.

4 Warga Masih Hilang, Pencarian Korban Banjir di Sumatera Barat Diperpanjang
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban banjir dan tanah longsor di Gintung, Cicendo, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa, 26 Maret 2024.

4 Killed Over Floods, Landslides in West Bandung

The National Search and Rescue Agency (Basarnas) reported a total of 4 people died due to flooding and landslides in Gintung, Cipongkor, West Bandung, West Java.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024