Mantan Bupati Manggarai NTT Deno Kamelus Meninggal Dunia

Mantan Bupati Manggarai Nusa Tenggara Timur, Deno Kamelus.
Sumber :
  • tvOne/ Jo Kenaru (tvOne/Manggarai-NTT)

VIVA – Mantan Bupati Manggarai Nusa Tenggara Timur, Deno Kamelus meninggal dunia, Selasa, 6 April 2021 malam. Ucapan turut berbelangsungkawa ramai diberikan netizen di media sosial.

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kepada awak media di Rumah Sakit Internasional Siloam Labuan Bajo Manggarai Barat, Rino Deno, putra sulung Deno Kamelus, membenarkan ayahnya meninggal pukul 22.20 Wita.

“Iya kae (kakak) bapak sudah meninggal, kami sudah berusaha,dokter juga sudah berusaha tapi ternyata Tuhan berkehendak lain,” kata Rino sambil buru-buru masuk ke kamar jenazah.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda), Lodi Moa mengaku baru selesai menggelar rapat bersama Bupati dan Sekda Manggarai terkait rencana penjemputan dan pemakaman jenazah.

“Besok pagi, (Rabu) Pak Sekda dan tim akan ke Labuan Bajo untuk menjemput jenazah. Ini kita baru selesai rapat di rumah jabatan bupati. Malam ini beberapa pimpinan perangkat OPD ada yang turun duluan ke Labuan Bajo,” kata Lodi kepada VIVA.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Pemkab Manggarai, kata Lodi, siap sepenuhnya membantu keluarga mengurus penjemputan jenazah serta acara pemakaman nanti.

Menurutnya, Bupati Manggarai Heribertus Nabit dan Wakil Bupati Heribertus Ngabut bersepakat agar almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Lalong Tanah Karot.

“Karena beliau juga sangat berjasa terhadap daerah ini maka selanjutnya pemerintah berkoordinasi dengan pihak keluarga bahwa beliau akan dimakamkan di TMP Lalong Tana,” ujar Lodi.

Dia menambahkan, sebelum dikebumikan, jenazah Deno Kamelus akan disemayamkan lebih dulu di kantor Bupati Manggarai sekaligus dilakukan prosesi pelepasan jenazah secara pemerintahan.

Lodi Moa mengatakan, sebelum meninggal, Deno Kamelus yang merupakan Bupati ke-6 di Manggarai mulai dirawat di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo sejak tanggal 23 Maret 2021.

“Karena koma, waktu itu langsung dirawat di ruang ICU sampai beliau meninggal dunia malam ini,” katanya.

Deno Kamelus merupakan Bupati Manggarai periode 2016-2021. Deno Kamelus dan wakilnya Victor Madur memenangkan Pilkada Manggarai 2015.

Namun pada pilkada 9 Desember 2020, Deno Kamelus dan Victor Madur kalah melawan pasangan Heribertus Nabit dan Heribertusa Ngabut yang terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati saat ini.

Sebelum menjadi bupati, Doktor Hukum yang lama mengajar di Universitas Nusa Cendana Kupang ini adalah Wakil Bupati Manggarai mendampingi Bupati Christian Rotok selama 10 tahun (2005-2015).

Deno Kamelus meninggalkan seorang istri, Yeni Veronika dan empat orang anak yaitu, Rino Deno, Rio Deno, Filio Deno serta anak bungsu Lisa Deno.

Laporan Jo Kenaru (tvOne/Manggarai, NTT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya