Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Medan

Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Sumut, dan Wali Kota Medan tinjau vaksinasi.
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution.

VIVA - Panglima TNI ?Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal yang digelar secara drive thru yang dilaksanakan di Landasan Udara Soewondo, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Kedua pimpinan tertinggi dari institusi TNI/Polri dalam kunjungan kerja di Kota Medan, menyempatkan diri untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan Pemerintah Kota Medan tersebut.

"Saya melihat dan menyaksikan vaksinasi ini, dengan sistem drive thru. Saya melihat melalui pendaftaran secara aplikasi hingga eksekusi vaksinasi berjalan dengan baik," kata Panglima TNI, ?Marsekal Hadi Tjahjanto, Rabu, 7 April 2021.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Hadi mengungkapkan pelayanan vaksinasi massal dengan sistem drive thru ini dinilai bisa menjadi model bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia. Karena, memiliki konsep yang baik dan mampu menyukseskan vaksinasi massal yang tengah dilakukan pemerintah Indonesia saat ini.

"Saya mendapatkan informasi, ada beberapa wilayah sudah melaksanakan dengan model Drive thru ini. Kita harapkan strategi untuk mencapai vaksinasi secara nasional tercapai. Bisa benar-benar terwujud Drive thru tersebut," kata Hadi.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Baca juga: Vaksinasi Guru Diminta Dipercepat Jelang Pembelajaran Tatap Muka

Kepada masyarakat, orang nomor satu di TNI itu berpesan agar tetap mematahui protokol kesehatan. Meski sudah dilakukan vaksin, namun diwajibkan untuk tetap menggenakan masker dalam kegiatan sehari-hari.

"Saya berpesan kepada masyarakat mau kita sudah divaksin. Harus tetap menggunakan masker, senjata utama untuk menangkal terpaparnya COVID-19. Kita tetap menggunakan masker walaupun kita sudah divaksin. Itu ingin saya sampaikan," kata Hadi.

Pada peninjauan di lokasi vaksinasi itu, Hadi juga ditemani oleh Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi, dan Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, dan sejumlah pejabat tinggi di jajaran TNI/Polri.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan program vaksinasi COVID-19 drive thru ini, mampu melayani masyarakat per harinya, sebanyak 1000 orang. Hal ini, menjadi inovasi dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi massal.

"Kami dengan bapak panglima sudah keliling terkait peninjauan langsung program vaksinasi. Utamanya, vaksinasi massal. Dari beberapa strategi dilaksanakan, kita berikan apresiasi dilakukan masyarakat vaksinasi massal," kata Sigit.

Sigit mengaku sempat berbincang dengan masyarakat yang akan melakukan vaksinasi tersebut. Bahwa pelayanan diberikan dengan baik, profesional dan cepat.

"Melaksanakan drive thru, kita tanyakan langsung. Kapan masyarakat mendaftar, rata-rata paling tadi malam atau satu hari sebelumnya. Sekarang bisa dilayankan dengan baik," kata Sigit.

Dengan pelayanan vaksinasi massal ini, Sigit mengharapkan warga Kota Medan memiliki imunitas yang baik dan mampu menekan penyebaran COVID-19 di ibu kota Provinsi Sumut ini.

"Dengan kecepatan pendaftar, 1.000 (orang) bisa dilayani. Menambahkan titik lokasi, sekarang sudah 6 lokasi. Saya yakin bahwa program vaksinasi massal, untuk membentuk imuniti Kota Medan dan Medan secara umum bisa terlaksanakan. Walaupun sudah melaksanakan vaksin, tetap menggunakan masker, 3M dan 3T," tutur Sigit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya