45 Rumah Rusak Disapu angin Puting Beliung di Deli Serdang

Rumah di Deli Serdang disapu angin puting beliung.
Sumber :
  • Putra Nasution/VIVA.

VIVA – Hujan deras disertai dengan angin puting beliung mengakibatkan puluhan unit rumah milik warga di Dusun I Desa Amplas Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara mengalami rusak. 

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Kepala Desa Amplas, Edi Purwanto menjelaskan peristiwa bencana alam itu, terjadi Rabu sore, 7 April 2021. Kini, ia sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

"Ada 45 rumah yang berdampak. Saat ini kita masih melakukan gotong royong. Nantinya akan kita bantu perbaiki perlahan dengan bantuan swadaya masyarakat," ungkap Edi kepada wartawan di lokasi rumah rusak akibat angin puting beliung, Kamis 8 April 2021.

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Baca juga: Apindo: Industri Minta THR 2021 Dicicil

Edi menjelaskan, terakhir peristiwa bencana alam tersebut terjadi di desa mereka pada tahun 2020, lalu. Dampak rumah rusak lebih banyak tahun 2021 dibandingkan tahun lalu.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

"Pada tahun 2020 kemarin juga terjadi angin puting beliung. Kalau pada tahun itu lebih banyak lagi yang berdampak. Karena ada beberapa desa," tutur Edi.

Edi mengimbau masyarakatnya, untuk memperkokoh kembali bangunan rumahnya. Hal ini, untuk mencegah rusak parah akibat bencana alam angin puting beliung.

"Kalau musibah tidak bisa dihindari. Palingan kita mengimbau masyarakat untuk lebih memperkokoh bangunannya. Karena kan ini alam," sebut Edi.

Dari pantauan di lokasi, terlihat warga bersama TNI/Polri dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang melakukan gotong-royong untuk pembersihan material bangunan rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya