Kebakaran di Pasar Kambing Tanah Abang, Kerugian Capai Rp1 M

Proses pendinginan di lokasi kebakaran, Pasar Kambing, Tanah Abang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus.

VIVA - Proses pendinginan kebakaran yang terjadi di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, masih dilakukan hingga saat ini oleh petugas pemadam. Pukul 19.14 WIB, petugas pemadam kebakaran dibantu warga berjibaku memadamkan api yang masih menyala di beberapa sisi.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Humas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulat Wijayanto, mengatakan sampai saat ini sebanyak 85 personel diterjunkan ke lokasi kejadian. Setidaknya, sebanyak 40 lapak dilumat habis si jago merah.

"Penanganan awal sejak pukul 17.00 WIB. Total personel yang sudah di lokasi sebanyak 85 orang dan jumlah objek yang terbakar sebanyak 40 kios," kata Mulat dalam keterangannya, Kamis malam, 8 April 2021.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Mulat melanjutkan, kebakaran diduga terjadi karena korsleting listrik pada lapak dua perabotan di Pasar Lontar. Warga yang mengetahui adanya api yang menyala, langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Api diketahui oleh warga sudah membesar dan warga berusaha memadamkan. Namun, api tidak berhasil dipadamkan dan menghubungi petugas damkar," sambungnya.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Baca juga: Pasar Kambing Tanah Abang Kebakaran, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Atas insiden tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar. Kendala dialami oleh petugas di lapangan antara lain akses jalan yang sempit, hingga sumber air yang jauh dari lokasi kejadian.

"Saat ini masih dalam proses pendinginan. Hambatannya seperti akses jalan sempit, kondisi jalan menuju TKP macet, dan sumber air Jauh dari TKP," kata Mulat.

Listrik di sekitar Pasar Kambing pun terlihat padam. Akhirnya, warga dan petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan dengan bantuan lampu senter.

Sementara itu, kemacetan panjang terjadi di Jalan Sabeni Raya. Hal tersebut lantaran jalan ditutup agar proses pemadaman tak terganggu.

Selain itu, hewan seperti kambing dan sapi yang dijual dipasar tersebut telah dievakuasi. Kambing dan sapi tersebut sudah dipindahkan ke bangunan SD tak jauh dari lokasi.

Sebelumnya, insiden kebakaran terjadi di kawasan Pasar kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis sore, sekitar pukul 16.50 WIB. Informasi terkait menyalanya si jago merah di kawasan tersebut dilaporkan oleh warga yang datang ke pos pemadam kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya