KKB Bakar Tiga Sekolah di Ilaga Papua

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • TvOne/Mohamad Akasah

VIVA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Nau Waker alias Tidak Jadi membakar SD, SMP, SMA di wilayah Kampung Julukoma, Distrik Boega, Puncak, Kabupaten Ilaga, Papua, Kamis 8 April 2021 sore. Nau Waker cs melakukannya setelah diburu pasukan gabungan TNI-Polri dalam Operasi Nemangkawi di Intan Jaya. 

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

"TNI-Polri akan terus bergerak, segera mungkin untuk mengejar KKB. Di mana TNI-Polri telah berhasil kuasai wilayah Waker di Intan Jaya kemarin," kata Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Nemangkawi, Komisaris Besar Polisi M Iqbal Alqudussy, dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 April 2021.  

Nau Waker dan kelompoknya diduga saat ini tengah menuju Ilaga. Nau merupakan bawahan dari pimpinan KKB, Guspi Waker. Sementara itu, kelompok Waker diduga lari ke daerah Beoga karena posisinya terdesak oleh TNI-Polri.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

Selain membakar tiga sekolah, Nau cs juga melakukan pemerasan terhadap warga Beoga. Nau Waker sendiri telah masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Mimika karena sederet kasus kejahatan yang telah dilakukannya.

"Pada 2018, Guspi Waker memberi perintah kepada Nau Waker untuk melakukan penembakan di Mile 69 PT. Freeport Indonesia di Tembagapura, dengan kerugian barang 1 buah kendaraan WLP. Polri telah melakukan uji laboratorium balistik terhadap senjata jenis steyer yang digunakan oleh Nau Waker," katanya lagi.

TNI Sebut Definus Kogoya Anggota KKB yang Terluka Sudah Diobati dan Dipulangkan ke Keluarga
Evakuasi anggota KKB yang tewas saat kontak tembak di Kali Brasa, Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua Pegunungan.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Viral sebuah video yang dinarasikan oknum prajurit TNI diduga melakukan penganiayaan terhadap pria yang merupakan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di medi

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024