Jokowi Kirimkan 13 Ribu Sembako untuk Korban Banjir Bima

Presiden Jokowi memberikan bantuan sembako kepada korban bencana di NTB.
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar.

VIVA - Presiden Joko Widodo mengirimkan 13 ribu paket sembako untuk korban banjir Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis, 8 April 2021. Kasi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD NTB, Ibrahim Kurniawan, mengatakan bantuan tersebut langsung dikirim ke Bima untuk diserahkan kepada korban banjir.

Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

"Bantuan sudah dikirim ke Bima. Sekarang sudah tiba di posko utama banjir Bima di Kantor Bupati Bima," katanya, Jumat, 9 April 2021.

Bantuan dibawa menggunakan 17 truk. Pengangkutan dibagi menjadi dua kloter untuk mengurangi risiko kemacetan dan demi keamanan.

Jokowi Minta Bos Apple Bantu Pengembangan Smart City di IKN

"13 ribu paket bantuan sembako diangkut 17 truk. Tapi kita dalam proses pengangkutan bagi dua kloter untuk kurangi risiko kemacetan dan keamanan," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Kirim Sembako ke NTT Pakai Hercules dan Kapal Perang

Bos Apple Sebut Indonesia Tempat yang Bagus untuk Berinvestasi

Pengiriman bantuan dikawal ketat TNI. "Kita didampingi TNI. Melakukan pengawalan sampai ke lokasi," katanya.

Data BPBD terkini, sebanyak 10.185 kepala keluarga dengan jumlah 29.182 jiwa terdampak. Dua warga meninggal dunia akibat banjir.

Total rumah rusak akibat banjir Bima sebanyak 5.333 unit. "380 unit rusak berat, 2.176 unit rusak sedang dan 2.777 unit rusak ringan," kata Ibrahim.

Selain itu, fasilitas yang rusak, 49 unit fasilitas pendidikan, 26 unit fasiltas kesehatan, 25 unit fasilitas peribadatan, 29 fasilitas umum, 13 unit kebinamargaan seperti jalan dan jembatan rusak.

"350 hektare lahan pertanian juga terdampak. Tambak terdampak sebanyak 1.158 hektare, irigasi 46 unit dan 8.240 ekor ternak warga terdampak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya