KPK Perketat Penjagaan Barang Bukti Perkara

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron memastikan, pihaknya memperketat pengamanan terhadap seluruh barang bukti perkara korupsi yang disimpan di Direktorat Labuksi KPK.

Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Hal ini guna mencegah terulangnya kasus dugaan pencurian emas seberat total 1,9 kilogram yang dilakukan oleh mantan Pegawai KPK berinisial IGA. Emas itu merupakan barang bukti dari perkara mantan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yaya Purnomo.

"Saya berbicara tentang bagaimana perbaikan tata kelola dalam pengelolaan barang bukti di KPK setelah adanya kasus pencurian barang bukti berupa emas batangan," kata Ghufron di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 9 April 2021.

Harga Emas Hari Ini 18 April 2024: Antam Tembus Rekor Termahal, Global Naik

Pengetatan pengamanan terhadap barang bukti, lanjut Ghufron, berupa penggantian personel jaga maupun kode pengaman brankas yang akan diacak secara berkala.

"Oleh karena itu kami akan kemudian melakukan perbaikan akan merotasi. Maksudnya rotasi apa? Rotasi baik personel maupun secara reguler kunci itu agar menggunakan kode-kode yang selalu akan secara reguler kami acak kembali," ujarnya.

Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang

Ghufron mengakui, kasus pencurian emas ini adalah konsekuensi yang harus dihadapi KPK dalam menjaga barang bukti perkara. Meski begitu, dia memastikan lembaga antirasuah bakal tegas menindak setiap pelanggaran yang ada.

"Walaupun salah tapi kami tetap melakukan secara prosedural untuk membuktikan bahwa KPK adalah manusia yang bisa salah. KPK disiplin dalam menegakan aturan-aturan," ujarnya.

Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

Harga emas global berada di jalur kenaikan mingguan kelima, sedangkan Antam kembali mencetak rekor harga tertinggi sepanjang masa.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024