BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrim di Malang Sekitarnya Hari ini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta warga yang berada di beberapa daerah di Jawa Timur, untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrim pada Minggu 11 April 2021 hari ini.

Libur Operasional, BRI Berpotensi Kehilangan Pembiayaan UMKM hingga Triliunan Per Hari

Dwikorita menjelaskan, potensi yang terjadi adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang juga disertai dengan petir serta angin kencang, bisa terjadi di beberapa wilayah.

Ia menyebut, daerah yang perlu waspada adalah Probolinggo, Mojokerto, Blitar, Malang, Batu, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Trenggalek hingga Tulungagung.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

"Terutama di wilayah yang mengalami gempa itu dikhawatirkan terjadi batuan makin rapuh retak dan kalau tergulir dengan hujan yang sedang atau lebat ini dapat mengakibatkan longsor," jelas Dwikorita, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Minggu 11 April 2021.

Lanjut Dwikorita, jika material itu terbawa longsor dan menyumbat aliran air di lereng gunung, dikhawatirkan terjadi banjir karena tidak mampu terbendung oleh bendungan yang ada. Untuk itu, pihaknya berharap tetap ada kewaspadaan untuk hari ini.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

"Dalam prediksi kami untuk hari ini. Besok insya Allah tidak. Terutama 11 April. Nanti akan kami mengupdate untuk tiga hari ke depan," katanya.
 

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, BMKG, memprediksi potensi cuaca ekstrem di Indonesia, masih terjadi selama masa mudik Lebaran 2024. Pemudik diminta waspada.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024